Prodi Farmasi ITERA dan APTFI Gagas Pendirian Prodi Profesi Apoteker

Eva Pardiana - Kamis, 12 Januari 2023 16:57
Prodi Farmasi ITERA dan APTFI Gagas Pendirian Prodi Profesi ApotekerProgram Studi Farmasi Jurusan Sains ITERA bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) membahas rencana pendirian Program Studi Profesi Apoteker. (sumber: Humas ITERA )

LAMPUNG SELATAN - Program Studi Farmasi Jurusan Sains Institut Teknologi Sumatera (ITERA) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI), membahas rencana pendirian Program Studi Profesi Apoteker.

Hal tersebut dibahas dalam kunjungan Ketua APTFI, Prof. Dr. Daryono Hadi Tjahjono ke ITERA, beberapa waktu lalu. Pendirian Prodi Profesi Apoteker dinilai sangat dibutuhkan di Sumatera, terlebih di Provinsi Lampung belum ada perguruan tinggi yang menyelenggarakan program tersebut.

Dalam kunjungan yang juga membahas persiapan akreditasi Prodi Farmasi ITERA tersebut, Prof. Daryono diterima oleh Ketua Jursan Sains ITERA, Dr. Ikah N.P. Permanasari, dan Koordinator Prodi Farmasi ITERA, Dr. Syaikhul Aziz, di Gedung F ITERA. 

Acara dimulai dengan presentasi tentang pengenalan prodi Farmasi oleh kaprodi Farmasi, dilanjutkan presentasi tentang pendidikan farmasi di Indonesia terkini oleh Prof. Daryono. Kegiatan tersebut juga turut dihadiri para dosen Prodi Farmasi ITERA.

Sebagai bagian pengenalan fasilitas kampus, Prof. Daryono juga secara langsung meninjau fasilitas laboratorium yang berkaitan dengan bidang farmasi di Gedung Laboratorium Teknik 3 ITERA.

Dr. Syaikhul Aziz menjelaskan, "Laboratorium Farmasi yang berlokasi di lantai 4 tersebut secara aktif digunakan untuk praktikum, tugas akhir mahasiswa, dan penelitian dosen,"ujarnya dalam keterangan resmi pada Jumat, 12 Januari 2023.

Laboratorium tersebut tersdiri dari Laboratorium Teknologi Farmasi, Lab. Farmakologi Toksikologi, Lab. Kimia Farmasi, dan Lab. Biologi Farmasi.

Prof. Daryono juga berkesempatan berdiskusi dan ramah tamah dengan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITERA, Prof. Dr. Eng. Khairurrijal, M.Si Dalam kesempatan tersebut, Prof. Khairurrijal menyampaikan, pendirian Prodi Profesi Apoteker sangat dibutuhkan, untuk itu ITERA akan menggagas pendirian prodi tersebut bersama APTFI. Saat ini, prodi serupa kebanyakan berada di perguruan tinggi di Pulau Jawa, untuk itu perlu didirikan di ITERA, yang mengusung misi membangun SDM Sumatera. (*)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS