Presiden Cile: Pengeboman Udara Militer Israel di Gaza Langgar Hukum Militer

Yunike Purnama - Jumat, 03 November 2023 14:22
Presiden Cile: Pengeboman Udara Militer Israel di Gaza Langgar Hukum MiliterWarga Palestina Mencari Korban di Lokasi Serangan Israel Terhadap Rumah-Rumah di Kamp Pengungsi Jabalia (sumber: (Reuters/Fadi Hadi)

CILE - Presiden Cile Gabriel Boric mengutuk pemboman udara militer Israel di Gaza dan memanggil utusannya di Israel, pada hari Kamis 2 November2023. Boric telah memberitahu Presiden AS Joe Biden bahwa tindakan Israel melanggar hukum internasional.

Boric mengatakan ia mengutuk serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober terhadap Israel yang menewaskan 1.400 orang. Dia juga mendesak pembebasan sandera Israel. Namun dia menegaskan bombardir balasan Israel terhadap Gaza dianggap tidak proporsional dan melanggar hukum internasional.

“Serangan Hamas ini tanpa pembenaran, pantas mendapat kecaman global, tetapi tanggapan pemerintah Benjamin Netanyahu juga pantas mendapat kecaman paling jelas dari kami,” katanya kepada wartawan setelah pertemuannya dengan Biden di Gedung Putih, dilansir dari Reuters, pada Jumat, 3 November 2023.

“Tidak diragukan lagi kita dapat mengatakan bahwa tanggapannya tidak proporsional dan melanggar hukum humaniter internasional,” katanya.

“Hak suatu negara untuk membela diri memiliki batasan, dan batasan tersebut menyiratkan penghormatan terhadap nyawa warga sipil tak berdosa, terutama anak-anak, dan penghormatan terhadap hukum humaniter sipil.”

Ditanya tentang tanggapan Biden, Boric mengatakan bukan tempatnya untuk berbicara mewakili presiden Amerika.

Biden tengah menghadapi tekanan yang meningkat, baik dari luar negeri maupun dalam negeri, karena tidak memanggil untuk gencatan senjata dalam konflik Israel-Hamas, meskipun Gedung Putih sekarang mendukung serangkaian jeda dalam pertempuran untuk memungkinkan orang keluar dari Gaza dan bantuan mengalir masuk.

Boris mengatakan dia dan Biden juga membahas upaya untuk menjaga demokrasi di Amerika Latin, dan menyatakan apresiasinya atas keputusan Washington baru-baru ini untuk mencabut sanksi terhadap Venezuela.

Dia juga menyatakan keinginannya untuk terus bekerja sama dengan Brasil, Argentina, dan negara-negara lain untuk memastikan pemilihan bebas di Venezuela tahun depan.

Boric mengajak Biden untuk menghapus sanksi terhadap Kuba dan mencabutnya dari daftar AS sebagai negara sponsor terorisme.

“Kami memahami bahwa masalah ini memicu emosi yang kuat di Amerika Serikat. Namun, kita harus mempertimbangkan bahwa sanksi ini tidak hanya menargetkan pemerintah, tetapi juga mempengaruhi seluruh populasi. Ketika seseorang menderita, itu harus menjadi perhatian kita semua,” tambahnya.

Boric dan Biden berbagi beberapa momen santai di awal pertemuan mereka, saling berbicara tentang pengalaman terpilih menjadi pejabat publik pada usia 20-an mereka.

“Satu-satunya masalah yang saya miliki dengan Anda adalah Anda terlalu muda,” kata Biden kepada Boric, yang berusia 37 tahun. “Itu bukan masalah,” balas Boric.

Biden mengatakan bahwa kedua negara telah menjalin hubungan bilateral selama 200 tahun, dan kemitraan baru untuk Kemakmuran Ekonomi Amerika (APEP), yang pemimpinnya akan bertemu di Gedung Putih pada Jumat, akan membantu meningkatkan kemakmuran ekonomi di seluruh belahan Barat.

Boric mengatakan dia berharap dapat memperkuat hubungan dengan AS dan mengatakan dia memiliki banyak topik untuk didiskusikan, termasuk transisi hijau, migrasi, dan pembangunan ekonomi.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS