PPKM Level 4 akan Selesai, Pengamat Minta Sektor Ekonomi Harus Tetap Dilonggarkan

Yunike Purnama - Sabtu, 31 Juli 2021 16:35
PPKM Level 4 akan Selesai, Pengamat Minta Sektor Ekonomi Harus Tetap DilonggarkanIlustrasi PPKM Level 4 (sumber: Istimewa)

Kabarsiger.com, BANDARLAMPUNG- 
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan segera berakhir pada 02 Agustus 2021.

Menanggapi hal ini, Ekonom sekaligus Direktur Center of Economic and Law Studies CELIOS, Bhima Yudhistira meminta sektor ekonomi tetap dilonggarkan.

Dia juga menambahkan jika PPKM dilanjutkan atau tidak, kegiatan perekonomian harus berangsur jalan dan membaik.

“Sinyal perpanjangan PPKM masih cukup kuat melihat kasus harian dibeberapa daerah meningkat dan angka kematian masih tinggi. Tapi pertanyaannya apakah PPKM Level 4 dilanjutkan, saya kira ini akan dilonggarkan menjadi level 3 atau 2. Jadi lanjut atau tidak harus ada pelonggaran,” kata Bhima, Sabtu (31/7/2021).

Bhima menuturkan dengan adanya regulasi yang telah dipaparkan pada level 4 dan level 3 terdapat bebepa pelonggaran aktifitas ekonomi yang tentu menjadi angin segar bagi pelaku usaha dari berbagai sektor.

“Misalnya pada PPKM level 3, kegiatan makan atau minum di warung, dan pedagang kaki lima diizinkan dengan kapasitas 25 persen dan jam opersional maksimal pukul 17.00 waktu setempat. Khusus untuk restoran yang hanya melayani pesan antar atau dibawa pulang, dapat beroperasi selama 24 jam. Pusat perbelanjaan atau mal juga diperbolehkan dengan kapasitas maksimal 25 persen,” paparnya.

Meskipun demikian Bhima mengaku pertimbangan ekonomi menjadi keberlangsungan usaha mikro. Ini yang menjadi pertimbangan pemerintah juga nantinya terhadap penurunan mobilitas penduduk. (*)

Editor: Yunike Purnama
Tags PPKM Level 4Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS