Polres Lambar Tekan Pelanggaran dan Lakalantas lewat Operasi Zebra 2021

Chairil Anwar - Selasa, 16 November 2021 08:25
Polres Lambar Tekan Pelanggaran dan Lakalantas lewat Operasi Zebra 2021Suasana pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Zebra di lapangan Mapolres Lampung Barat, Senin (15/11/2021). (sumber: Dok. Polres Lambar)

LAMPUNG BARAT – Jajaran Polres Lampung Barat Polda Lampung menggelar apel gelar pasukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau Tahun 2021. Pelaksanaan apel gelar pasukan operasi untuk menekan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, Senin (15/11/2021), di lapangan Mapolres setempat.

Waka Polres Lampung Barat Kompol Poeloeng Arsa Sidanu bertindak sebagai inspektur upacara, mewakili Kapolres Lampung Barat AKBP Hadi Saepul Rahman, yang menyampaikan amanat Kapolda Lampung.

Dalam amanatanya, Kompol Poelong Arsa mengatakan Polda Lampung dan jajaran akan melaksanakan operasi kewilayahan fungsi lalu lintas dengan sandi “Ops. Zebra Krakatau-2021” dengan melibatkan 551 personel Polri dan 554 personel TNI serta instansi terkait selama 14 hari, dimulai dari 15—28 November 2021 serentak di seluruh indonesia.

Operasi Zebra Krakatau 2021 ini, ucapnya, bertujuan menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan menurunkan angka penularan Covid-19.

“Operasi ini dalam rangka mewujudkan kamseltibcar-lantas yang mantap serta pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menegakkan protokol kesehatan. Operasi dilakukan dengan mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta simpatik humanis,” jelas Waka Polres.

Kompol Poeloeng Arsa menjelaskan sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi dapat menyebabkan pelanggaran, kemacetan, dan kecelakaan lalu lintas serta penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Waka Polres juga menyoroti permasalahan di bidang lalu lintas yang telah berkembang dengan cepat, sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor. Untuk merespons dinamika tersebut, pihaknya melakukan inovasi pelayanan bagi masyarakat.

“Perkembangan transportasi telah menginjak era digital. Operasional pelayanan angkutan publik sudah berada dalam genggaman. Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri, khususnya polisi lalu lintas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi, di antaranya adalah ETLE, SIM online, Signal (Samsat Digital Nasional), dan e-Samdes (Samsat Desa),” terang Waka Polres.

Selain itu, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada segenap pemangku kepentingan di bidang lalu lintas yang hadir dalam acara tersebut. “Terima kasih kepada tamu undangan atas kehadirannya pada apel gelar pasukan Operasi Zebra Krakatau 2021. Saya berharap sinergisitas yang telah terjalin selama ini dapat terus ditingkatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Iptu Made Erdiana Putra menambahkan Operasi Zebra Krakatau 2021 bertujuan membangun budaya masyarakat yang patuh dan tertib dalam berlalu lintas dan diharapkan mampu menurunkan angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya serta masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19. (RIL)

Chairil Anwar

Chairil Anwar

Lihat semua artikel

RELATED NEWS