Pilihan 5 Gaya Parenting Keuangan

Yunike Purnama - Minggu, 27 Agustus 2023 11:47
Pilihan 5 Gaya Parenting KeuanganParenting keuangan adalah parenting yang mendidik anak-anak tentang sikap terhadap uang. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Parenting keuangan adalah parenting yang mendidik anak-anak tentang sikap terhadap uang. Tak hanya itu, parenting keuangan juga mengajari anak kebiasaan finansial yang dibutuhkan untuk membantu kesuksesan mereka saat dewasa. 

Parenting keuangan bisa berupa ajaran untuk menabung, menghasilkan uang, membelanjakan uang dengan bijak, berinvestasi, dan berdonasi untuk sesama. 

5 Gaya Parenting Keuangan 

Dikutip TrenAsia.com jaringan Kabarsiger.com dari laman The Asian Parent, salah satu manajer investasi terkemuka, Eastspring Investments melakukan survei terhadap 10 ribu orang tua dari 9 negara berbeda di Asia. Survei ini meliputi kebiasaan dan praktik mereka yang melibatkan sikap finansial dan parenting keuangan. 

Dari hasil survei tersebut, diperoleh hasil 5 klasifikasi persona orang tua dalam parenting keuangan. 

1. Freestyler 

Freestyler percaya bahwa pengalaman kehidupan nyata adalah cara terbaik bagi seorang anak untuk belajar mengelola uang. Mereka yakin bahwa anak mereka akan mengetahui segalanya dengan cara mereka sendiri. Jadi, sang anak hanya memerlukan sedikit bimbingan tentang cara mereka mengelola uang. 

2. Fasilitator 

Mirip dengan freestyler, fasilitator juga memandang pengalaman kehidupan nyata sebagai hal yang penting. Namun, mereka juga berpendapat bahwa bimbingan orang tua diperlukan dalam mendidik anak-anak mereka tentang masalah keuangan. 

Sehingga, mereka akan mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan masa depan anak-anak mereka. 

Hal-hal yang mungkin dilakukan oleh fasilitator adalah dengan membuka rekening tabungan ketika anak mereka lahir, dan mendorong anak-anak untuk mengambil pekerjaan paruh waktu. 

3. Pengasuh

Para pengasuh akan mencurahkan banyak waktu untuk merawat anak-anak mereka. Orang tua dengan tipe ini juga memberikan bimbingan serta nasihat yang jelas untuk mengajarkan anak mengenai nilai-nilai yang tepat berkaitan dengan uang seperti perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. 

Orang tua pengasuh biasanya mempunyai pengetahuan mengenai masalah keuangan dan secara rutin terus belajar untuk meningkatkan literasi keuangan. 

4. Si Giat 

Orang tua dengan gaya parenting “Si Giat” yakin dengan pengetahuan keuangan mereka. Mereka juga memiliki kemampuan untuk mewariskannya kepada sang anak.

Si Giat juga akan membelikan produk investasi untuk anak-anak mereka sejak usia dini. Tujuan akhirnya adalah agar sang anak menjadi pengelola uang yang sukses. 

Orang tua ini akan secara aktif melibatkan anak-anak mereka dengan pelajaran tentang berbagai teknik pengelolaan uang, sistem reward ketika mereka menyelesaikan tugas, permainan yang melibatkan uang seperti monopoli dan konsep investasi untuk masa depan mereka. 

5. Penyeimbang

Orang tua “Penyeimbang” akan mengajarkan masalah uang kepada anak melalui pembelajaran dan pengalaman. Mereka bukan orang tua yang baik, namun tidak juga terlalu terlibat. 

Mereka tidak menuntut, namun bukan berarti tidak peduli. Mereka memiliki pandangan yang moderat mengenai pentingnya parenting keuangan. 

Orang tua penyeimbang akan mengajarkan bahwa uang itu penting, namun mereka juga mendorong anak untuk berinvestasi dalam aspek kehidupan lain seperti bermain. (*)
 

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS