Piala Dunia U-17, PLN Pastikan Kelistrikan di 4 Stadion Utama 100 Persen Aman

Yunike Purnama - Minggu, 12 November 2023 05:10
Piala Dunia U-17, PLN Pastikan Kelistrikan di 4 Stadion Utama 100 Persen AmanPT PLN (Persero) telah memastikan kesiapan sistem kelistrikan untuk penyelenggaraan FIFA Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember 2023. (sumber: Ist)

JAKARTA - PT PLN (Persero) telah memastikan kesiapan sistem kelistrikan untuk penyelenggaraan FIFA Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember 2023.

PLN menyatakan bahwa pihaknya telah merampungkan persiapan kelistrikan pada 4  venue stadion utama penyelenggaran Piala Dunia U-17, yakni  Jakarta International Stadium (JIS), Si Jalak Harupat Bandung, Manahan Solo, dan Gelora Bung Tomo Surabaya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan komitmen penuh PLN dalam mendukung suksesnya Piala Dunia U-17  melalui penyediaan listrik yang handal, mencakup pembangkitan, transmisi, distribusi, dan sistem keamanan pasokan berlapis.

“Dengan sejumlah pengalaman yang telah digarap oleh PLN seperti G20, KTT ASEAN, dan kegiatan serupa seperti ASEAN Games, Kejuaran Dunia Motorcross (MXGP) sebanyak tiga kali, Idemitsu Asian Talent Cup (IATC), hingga MotoGP di Mandalika. Tentunya kami bersama-sama telah siap menjaga supply FIFA World Cup U17 dengan pasokan listrik yang andal dan tetap memperhatikan keselamatan kerja bagi teman-teman di lapangan,” kata Darmawan dalam siaran pers, pada Selasa, 07 November 2023.

Darmawan menyatakan, untuk menjamin kelancaran sistem kelistrikan tanpa gangguan atau zero downtime (ZDT) di venue utama dan pendukung, PLN telah menyiapkan 19 unit gardu bergerak (UGB), 31 uninterruptible power supply (UPS), dan 25 genset.

Kelistrikan Jawa Bali Aman

Selain itu, tambah Darmawan, situasi kelistrikan Jawa Bali saat ini aman dengan pasokan mencapai 43.348 megawatt (MW) dan beban puncak tertinggi 31.081 MW, memberikan cadangan daya sekitar 12.267 MW.

“PLN telah melakukan 36 program aksi kekuatan keandalan pasokan kelistrikan dari lini pembangkitan, operasi sistem, transmisi distribusi, dan infrastruktur pendukungnya untuk penyelenggaraan U-17 piala dunia ini telah selesai 100 persen,” ujar dia. 

Tak ayal, untuk memastikan keandalan, PLN juga menyiagakan 1.126 personel di semua lini guna mengawal sistem kelistrikan tanpa gangguan selama pagelaran Piala Dunia U-17.

 “PLN telah menyiapkan personil sebanyak 1.126 personil, yang tersebar di seluruh venue dan unit dan juga sudah didukung oleh stakeholder atau instansi pengamanan sekitar serta TNI Polri,” sebut dia. 

Di sisi lain, secara khusus, PLN juga telah menyiapkan Tim Siaga untuk Piala Dunia U 17 guna menjamin keandalan sistem kelistrikan di berbagai unit.

Darmawan membeberkan bahwa tim siaga tersebut merupakan hasil kolaborasi antara PLN, sub holding, dan anak perusahaan yang melibatkan berbagai aspek mulai dari pembangkitan energi primer, operasi sistem, fungsi transmisi, distribusi, ritel, hingga dukungan dari IT dan komunikasi, serta aspek pengamanan dan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

"Jadi saya melihat tim kita jadi semakin lebih siap, tim kita juga semakin kompak dan sangat solid," ucap dia. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS