PGN Sabet Predikat Sustainability dalam Penganugerahan TrenAsia ESG Award 2023

Yunike Purnama - Jumat, 01 September 2023 20:07
PGN Sabet Predikat Sustainability dalam Penganugerahan TrenAsia ESG Award 2023 PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berhasil memperoleh penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan infrastruktur energi dengan predikat sustainability. (sumber: Ist)

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berhasil memperoleh penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan infrastruktur energi dengan predikat sustainability.

Penghargaan diberikan oleh CEO TMB Sukirno kepada Head of Investor Relations Susiyani Nurwulandari.  Di mana PGN mampu berkomitmen menjalankan prinsip bisnis lingkungan, sosial, dan tata kelola (environment, social, and governance/ESG).

Head of Investor Relations PGN Susiyani Nurwulandari mengatakan, penerapan ESG sangat penting pasalnya subholding gas PT Pertamina (Persero) juga memiliki peran pada masa transisi energi Indonesia menuju Net Zero Emission (NZE) di 2060.

"Penerapan ESG di PGN tentunya sangat penting pertama karena memang kami sebagai salah satu sub holding Pertamina mendukung pencapaian target NZE di tahun 2060. Sebagai salah satu perusahaan yang ke energi transisi ESG turut berperan di dalamnya," katanya usai menerima penghargaan TrenAsia Award 2023.

Harapannya dengan mengedepankan ESG perusahaan dapat berperan menuju pencapian NZE lebih cepat dari 2060.

Untuk mendukung upaya tersebut, selama tahun 2022 PGN terus melakukan berbagai terobosan bisnis seperti mengembangkan infrastruktur serta peningkatan pemanfaatan gas bumi sehingga mampu menjadi perusahaan yang menyediakan solusi energi bagi masyarakat Indonesia khususnya untuk sektor komersial, industri, kelistrikan, transportasi dan rumah tangga.

Adapun mengacu pada poin-poin yang terdapat pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang merupakan hasil kesepakatan anggota PBB untuk melaksanakan pola pembangunan dengan empat dimensi pilar yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, hukum, dan tata kelola.

Ada beberapa komitmen yang diterapkan oleh PGN untuk mendukung kinerja tanggung jawab sosial dan lingkungan. Pertama program pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil (PUMK) Per tahun 2022, tercatat 216 entitas menjadi mitra binaan PGN dalam kerangka Sinergi BUMN.

Lalu program PGN untuk pilar sosial dan ekonomi, di mana pada bidang sosial, PGN berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di seluruh aspek, seperti pengentasan kemiskinan, perawatan kesehatan, pendidikan, dan kesetaraan gender. HIngga meningkatkan pertumbuhan ekonomi agar masyarakat dapat mencapai kualitas hidup dan tingkat kesejahteraan yang lebih baik, dengan mewujudkan berbagai program seperti energi bersih dan terjangkau.

Program selanjutnya disisi lingkungan, PGN melindungi lingkungan dari dampak negatif yang disebabkan oleh kegiatan operasional perusahaan, PGN menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan sebagai implementasi kebijakan Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) dan efisiensi energi lainnya.

PGN fokus pada penerapan tata kelola perusahaan yang baik sebagai landasan yang dapat mendukung peningkatan kinerja perusahaan secara seimbang, dengan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Tata kelola perusahaan yang baik adalah prinsip yang mendasari hukum dan pengelolaan perusahaan berdasarkan etika bisnis. Hal ini penting karena prinsip- prinsip tersebut merupakan dasar dari operasional perusahaan. (*)

Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS