Pfizer Segera Izinkan 95 Negara Produksi Pil Obat Covid-19

Eva Pardiana - Jumat, 19 November 2021 10:40
Pfizer Segera Izinkan 95 Negara Produksi Pil Obat Covid-19Pfizer Segera Izinkan 95 Negara Produksi Pil Obat Covid-19 (sumber: instagram.com/pfizerinc)

JAKARTA – Raksasa produsen obat yang berbasis di Amerika Serikat, Pfizer berharap pil obat Covid-19 versi generik akan tersedia dalam beberapa bulan lagi. 

Dilansir dari laman The Independent, sekitar 95 negara berkembang akan segera diizinkan untuk membuat dan menjual pil Covid-19 eksperimental Pfizer di bawah kesepakatan yang disepakati oleh Pfizer dan program obat-obatan yang didukung oleh PBB.

Pfizer mengatakan bahwa pil bernama Paxlovid yang menjalani uji klinis pada November telah terbukti mengurangi risiko kematian atau rawat inap untuk pasien dewasa berisiko tinggi hingga 89%.

Kesepakatan yang dibuat oleh Pfizer dan Medicines Patent Pool (MPP) dapat membuat pengobatan ini tersedia untuk lebih dari setengah populasi dunia. Sebagian besar negara yang telah diberikan izin untuk menggunakan obat ini berada di Afrika dan Asia.

Ketua dan CEO Pfizer, Albert Bourla mengatakan bahwa pengobatan antivirus secara oral dapat memainkan peran penting untuk mengurangi keparahan infeksi Covid-19, sehingga mampu mengurangi beban pada sistem perawatan kesehatan dan dapat menyelamatkan nyawa manusia.

Perjanjian lisensi sukarela antara Pfizer dan MPP akan memungkinkan kelompok yang didukung PBB untuk memberikan sub-lisensi kepada produsen obat generik yang memenuhi syarat untuk membuat versi obat mereka sendiri.

Pfizer akan menjual pil yang diproduksinya dengan nama merek Paxlovid. Perusahaan yang bermarkas di New York City itu mengatakan akan membebaskan royalti di semua negara yang termasuk dalam perjanjian, selama Covid-19 masih dinyatakan sebagai darurat kesehatan masyarakat oleh WHO.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 18 Nov 2021 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS