Pesona Surga Tersembunyi di Pelosok Magetan

Redaksi - Minggu, 02 Juli 2023 12:07
Pesona Surga Tersembunyi di Pelosok Magetan (sumber: null)

MAGETAN - Kabupaten Magetan merupakan salah satu daerah yang sebagian wilayahnya berada di kaki Gunung Lawu. Letak geografis seperti ini memberikan berkah tersendiri karena terdapat banyak potensi wisata yang terletak di wilayah daerah ini. Terdapat berbagai wisata alam berada di wilayah kabupaten ini

Tepat di sisi kaki gunung lawu bagian selatan, terdapat sebuah tempat yang sangat indah untuk dikunjungi. Sebuah kawasan yang terletak di ketinggian 1300 Mdpl. ini menyimpan keindahan pesona alam yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

Betapa tidak, lokasi desa tersebut berada diantara bukit-bukit yang menjulang tinggi serta dikelilingi hamparan perkebunan yang menghijau bagaikan serpihan surga tersembunyi di dunia. Adapun tempat yang dimaksud yaitu Wonomulyo Highland atau Dataran Tinggi Wonomulyo. Tempat tersebut masuk dalam wilayah Dusun Wonomulyo yang masuk wilayah Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan.

Daya tarik utama dari kawasan Dusun Wonomulyo yaitu sajian pemandangan alam yang memanjakan mata ditambah dengan udaranya yang bersih dan sejuk khas dataran tinggi. Pemandangan akan semakin syahdu apabila turun kabut tipis sehingga suasana menjadi lebih dingin. Selain dari keindahan kawasan desanya itu sendiri, terdapat objek wisata yang dapat dikunjungi apabila sedang berada di Dusun Wonomulyo.

Salah satu destinasi wisata di kawasan Wonomulyo yang memiliki akses mudah untuk dikunjungi yaitu Bukit Sekudi. Bukit yang berada di pinggiran desa ini menawarkan pemadangan melihat Dusun Wonomulyo dari atas bukit. Bila dilihat dari bukit tersebut terlihat pemukiman warga yang tertata rapi berundak-undak di lembah yang dikelilingi oleh perbukitan.

Hamparan perkebunan sayur warga yang menghijau bagai karpet juga kian menambah pesona keindahan kawasan Dusun Wonomulyo. Tidak heran jika kemudian kawasan Dusun Wonomulyo ini juga kerap dikatakan mirip dengan tempat wisata Nepal Van Java di Kabupaten Magelang.

Akses menuju kawasan Dusun Wonomulyo dapat dikatakan cukup ekstrim meskipun masih dapat dijangkau dengan mudah baik oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Dikatakan ekstrim karena jalanan menuju kawasan ini berliku naik turun diantara bukit dengan pinggir kanan kiri jalan adalah tebing serta jurang. Namun tidak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan mata juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang cukup indah dan meneduhkan mata. 

Terdapat jalanan beraspal yang menghubungkan kawasan Dusun Wonomulyo menuju pusat kecamatan maupun kabupaten. Dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat Kabupaten Magetan untuk mencapai kawasan ini. Disarankan ketika hendak mengunjungi kawasan Dusun Wonomulyo agar menggunakan kendaraan yang dalam kondisi prima serta pengemudi yang memiliki kemampuan mumpuni. Hal ini semata supaya perjalanan mencapai kawasan Dusun Wonomulyo dapat lancar dan aman.(*)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS