Permintaan Chip Meningkat, Ini Langkah TSMC Taiwan

Redaksi - Kamis, 27 Juli 2023 06:17
Permintaan Chip Meningkat, Ini Langkah TSMC TaiwanSalah satu Pembuat chip asal Taiwan, TSMC, berencana untuk menginvestasikan sekitar US$2,9 miliar atau sekitar Rp43,5 triliun (kurs Rp15.000). (sumber: Ist)

TAIPEI - Salah satu Pembuat chip asal Taiwan, TSMC, berencana untuk menginvestasikan sekitar US$2,9 miliar atau sekitar Rp43,5 triliun (kurs Rp15.000). Investasi tersebut dialokasikan untuk membangun pabrik chip canggih yang berlokasi di Tongluo Science Park, dekat fasilitas utama perusahaan di Hsinchu, Taiwan,  guna meningkatkan produksi demi memenuhi permintaan produk chip kecerdasan buatan (AI) yang terus meningkat. 

“Untuk memenuhi kebutuhan pasar, TSMC berencana untuk mendirikan pabrik pengemasan canggih di Tongluo Science Park,” Seperti dijelasakan perusahaan, Dilansir dari CNN International selasa, 26 Juli 2023.

CEO TSMC menyatakan rencana untuk meningkatkan kapasitas produksi menjadi dua kali lipat pada tahun 2024 untuk mengakomodasi permintaan yang maikn besar dari pasar global, terutama dari pabrikan industri teknologi seperti Nvidia dan AMD.

Pabrik baru ini diharapkan dapat menciptakan 1.500 lapangan kerja baru. TSMC merupakan salah satu perusahaan yang krusial bagi Taiwan, dan dianggap sebagai salah satu perusahaan yang menyumbang kontribusi besar pada perekonomian Taiwan. TSMC dikenal menjadi pemasok utama semikonduktor untuk perusahaan teknologi global seperti Apple dan Qualcomm.

TSMC menghadapi tantangan dari penurunan laba bersih sebesar 23% untuk kuartal kedua, akibat dampak penurunan ekonomi global pada permintaan keseluruhan, meskipun permintaan chip AI terus meningkat. Namun, langkah mereka untuk memperluas kapasitas produksi dapat membantu mengatasi permintaan yang terus tumbuh untuk teknologi AI dan semikonduktor canggih.

Teknologi AI, yang didukung oleh chip TSMC, memiliki aplikasi yang luas dalam berbagai bidang seperti ChatGPT, Bard Google , Dall-E, dan banyak teknologi AI baru lainnya yang terus berkembang. Dengan berlanjutnya perkembangan ini, TSMC berperan sebagai salah satu pilar utama yang mendorong revolusi AI dan membantu membentuk masa depan teknologi yang lebih cerdas dan berkelanjutan.(*)

Editor: Redaksi
Tags ChipTSMCBagikan

RELATED NEWS