Perkembangan Pembangunan Bakauheni Harbour City, ASDP Indonesia Gandeng Bank BUMN

Yunike Purnama - Rabu, 05 Januari 2022 11:25
Perkembangan Pembangunan Bakauheni Harbour City, ASDP Indonesia Gandeng Bank BUMNProyek pengembangan kawasan pariwisata terintegrasi Bakauheni Harbour City di Kabupaten Lampung Selatan. (sumber: ASDP Indonesia)

LAMPUNG SELATAN – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memperkuat program pengembangan bisnis perseroan, salah satunya melalui proyek pengembangan kawasan pariwisata terintegrasi Bakauheni Harbour City di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT ASDP Indonesia Ferry, Harry Muhammad Adhi Caksono mengatakan Bakauheni Harbour City telah melibatkan sejumlah Perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendukung pembangunan kawasan wisata dan ekonomi kreatif.

“Kami telah berencana membangun wacana ekosistem lokal, Alhamdulillah ide ini disambut baik oleh pemerintah dan pihak perbankan dan kami nanti di sana (Bakauheni) konsepnya pariwisata terintegrasi Bakauheni Harbour City. Dan kita akan bangun masjid besar dan ada sejumlah fasilitas yang dibantu oleh pihak perbankan,” kata Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT ASDP Indonesia Ferry, Harry Mac dalam program Market Review IDX Channel, Rabu (5/1/2022).

Harry mengatakan kedepan dalam proyek yang terdapat masjid raya, creative hub, UMKM center, dan taman budaya tersebut nantinya tidak hanya menjadi mercusuar peradaban, tetapi juga penggerak perekonomian masyarakat setempat.

“Jadi nanti, Bank Syariah (BSI) nanti akan membangun masjid yang kapasitasnya besar, BRI akan merenovasi Menara Siger, Bank Mandiri membangun UMKM area dan Bank BNI membangun creative hub dan BTN akan membangun development enterpreneur centre,” paparnya.

Sehingga ke depan, rencana ekosistem wisata ini nantinya akan berfokus kepada perkembangan religi, edukasi dan budaya.

“Kami baru ditetapkan sebagai kawasan proyek strategis nasional itu di tanggal 10 September 2021 dan sudah melakukan groundbreaking di tanggal 27 Oktober 2021 kemarin dan saat ini kami sedang proses persiapan pembangunan masjid dan ditargetkan di kuartal 4 tahun ini Insyaallah sudah dapat dipergunakan," pungkasnya.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan, Pemkab Lampung Selatan sangat mendukung pembangunan dan pengembangan megaproyek BHC di wilayahnya.

“Prinsipnya kami menyambut baik dan sangat mendukung pembangunan kawasan pariwisata terpadu Bakauheni ini. Kami akan dukung di setiap aspek untuk progres pengembangan Bakauheni Harbour City agar berjalan lancar,” ujar Nanang beberapa waktu lalu.

Nanang mengatakan, pengembangan kawasan pariwisata terintegrasi Bakauheni tersebut diharapkan menjadi salah satu penggerak utama disektor perekonomian di daerahnya.

“Ini menjadi pintu untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian daerah. Intinya kami welcome, siap mendukung. Tapi kami pemerintah daerah jangan ditinggalkan, bukan hanya jadi penonton saja. Tetapi bagaimana kami (Lampung Selatan) bisa ikut berkontribusi dengan adanya megaproyek Bakauheni Harbour City ini,” kata Nanang. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS