Periode ke-18 Itera Wisuda 654 Mahasiswa

Eva Pardiana - Sabtu, 02 Maret 2024 10:22
Periode ke-18 Itera Wisuda 654 MahasiswaProsesi Wisuda di Institut Teknologi Sumatera (sumber: Kabar Siger | WAN)

BANDARLAMPUNG  - Institut Teknologi Sumatera (Itera) kembali menghasilkan sarjana baru untuk ke-18 kalinya di tahun 2024 pada Sabtu (2/3/2024).

Rektor Itera I Nyoman Pugeg Aryantha menyampaikan, sebanyak 654 mahasiswa yang terdiri dari 106 lulusan dari Fakultas Sains, 262 lulusan Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan dan 286 lulusan Fakultas Teknologi Industri.

Dari 654 mahasiswa yang diwisuda pada hari ini, Rektor Itera memberikan penghargaan kepada tiga mahasiswa yang mendapatkan predikat sebagai wisudawan terbaik.

Wisudawan terbaik pertama diberikan kepada Chintya Carissa Manurung (S1 Sains Aktuaria) dengan IPK 3,85, terbaik kedua Ongky Setia Nugraha (S1 Sains Aktuaria) dengan IPK 3,97 dan wisudawan terbaik ke 3 Zahwa Geby Noverah (S1 Teknik Geomatika) dengan IPK 3,67.

"Penetapan wisudawan terbaik Itera, tidak hanya mengacu pada besarnya IPK, akan tetapi juga dengan berbagai prestasi lain sebagai penunjang soft skill," ungkapnya.

Disampaikan rektor dalam sambutannya, dinamika tempaan pengalaman soft skill serta jalinan komunikasi dan networking yang dapatkan selama masa perkuliahan akan menjadi modal penting bagi saudara dalam mengemban misi sebagai agen perubahan positif di masyarakat.

"Gemblengan dan asahan berpikir dari para dosen dalam menghasilkan jiwa entrepreneurship, dengan ide-ide dan inovasi kreatif sesuai bidang yang saudara tekuni. Menambah, keyakinan kami bahwa saudara-saudara kelak dapat mengisi posisi strategis peluang kerja dan kepemimpinan masa depan negeri ini," jelasnya.

Meskipun Itera baru berusia 9 tahun, capaian akademik yang dihasilkan dari waktu-ke waktu semakin bertambah baik, yang mengindikasikan Itera telah tumbuh dan berkembang menjadi institusi pendidikan tinggi bidang sainstek yang memumpuni.

Saat ini, Itera menduduki peringkat 14 Kampus paling berkelanjutan di Indonesia dalam pemeringkatan UI Green Metric World University Ranking.

Dalam capaian kinerja akademik, Itera berhasil menempati peringkat ke-9 secara nasional sebagai kampus terbaik dalam publikasi ilmiah versi Nature Index 2024.

Selain itu I Nyoman Pugeg menuturkan, peningkatan kualitas penelitian sebagai bagian tidak terpisahkan dari tridarma yang senantiasa diprioritaskan sepanjang tahun 2023-2024.

"Allhamdulilah Itera telah menghasilkan sebanyak 208 jurnal internasional terindeks scopus, dan 86 jurnal bereputasi nasional dari berbagai riset yang dilakukan oleh para dosen," paparnya.

Rektor menambahkan, bahwa Itera juga melakukan kolaborasi dengan mitra salah satunya dengan 27 pemerintah daerah. Guna dapat mendukung program-program Itera dalam hal penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

"Dalam kesempatan terakhir ini, ijinkan saya mengingatkan saudara-saudara agar selalu menjaga nama baik ITERA di manapun saudara nanti berada.  Pegang teguh nilai integritas jauhkan diri dari segala perbuatan tercela dan melanggar hukum. Berkaryalah maksimal memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara," pungkasnya. (WAN)

RELATED NEWS