Perhatikan Bahaya Kerja Shift Malam pada Tubuh

Yunike Purnama - Rabu, 19 Juli 2023 15:31
Perhatikan Bahaya Kerja Shift Malam pada TubuhBekerja di shift malam memaksa tubuh merubah ritme tidur alami manusia dan dampak membawa dampak negatif pada kesehatan (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Bekerja di shift malam memaksa tubuh merubah ritme tidur alami manusia dan dampak membawa dampak negatif pada kesehatan. Ritme tidur alami atau disebut dengan sirkadian yang sehat mendorong pelepasan hormon tertentu yang memengaruhi metabolisme. 

Apabila ritme terganggu atau sering terbalik, kemampuan metabolisme tubuh bisa mendapatkan gangguan. Masalah tersebut dapat menyebabkan gangguan metabolisme, peningkatan kadar trigliserida, dan bahkan tekanan darah tinggi.

Melansir Health News, kerja shift malam juga dapat memengaruhi peningkatan risiko masalah kesehatan mental seperti kegugupan, tempramental, serta kecemasan. Selain itu penelitian menyebutkan terganggunya siklus tidur bisa mengakibatkan gangguan fungsi otak, penurunan reflek, gangguan memori dan kontrol emosi, penurunan kognitif dini, bahkan Alzheimer.

Otak dan tubuh beristirahat dan mengisi ulang saat kita tidur. Jika kita tidak mendapatkan waktu peremajaan yang berkualitas, otak kita tidak mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki dan memproses pengalaman kita dengan baik.

Bagi kamu yang mendapatkan shift kerja di malam hari, ada tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan seperti dilansir dari Health News.

Pertahankan jadwal tidur. Jika Anda bekerja shift malam, tidurlah pada waktu yang sama setiap hari. Bangun kebiasaan baru untuk menciptakan jam biologis yang baru. Lalu bangun dan makanlah secara berkala sepanjang hari.

Jaga pola makan yang sehat. Pastikan memperoleh nutrisi penuh. Saat bekerja shift malam, konsumsi suplemen omega-3 karena dapat membantu fungsi kognitif dan perbaikan otak.

Cobalah berolahraga. Cobalah olahraga ringan seperti misalnya yoga. Hal tersebut akan membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Olahraga juga memelihara sistem limfatik yang sehat yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kurangi konsumsi alkohol. Alkohol memiliki efek merugikan pada banyak sistem tubuh, terutama hati. Ketika tidak tidur, fungsi hati akan terganggu. Oleh karena itu, jangan berikan beban lebih pada hati dengan mengonsumsi minuman beralkohol.

Walaupun bekerja shift malam memberikan sejumlah bahaya baik untuk fisik dan mental, namun terkadang kita tidak punya pilihan. Oleh karena itu, anda harus melakukan cara-cara preventif dengan menjaga kesehatan tubuh seperti tips yang sudah diuraikan di atas. Semoga membantu!(*)

Editor: Redaksi
Tags bekerja shift malamBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS