Perbaikan Jalan Provinsi di Pesisir Tanggamus, Permudah Akses Pariwisata

Eva Pardiana - Minggu, 03 Maret 2024 13:40
Perbaikan Jalan Provinsi di Pesisir Tanggamus, Permudah Akses PariwisataBeberapa ruas jalan yang menjadi fokus perbaikan (sumber: Kabar Siger )

BANDARLAMPUNG - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tengah memprioritaskan perbaikan sejumlah ruas jalan provinsi di Kabupaten Tanggamus, dengan rencana pelaksanaan tahun 2024 ini.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung, M. Taufiqulloh, yang didampingi oleh Pj Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, saat melakukan kunjungan survei pada Kamis (29/2/2024) lalu.

Menurut Taufiqulloh, perbaikan ruas jalan tersebut bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas hasil perkebunan, pertanian, dan pariwisata.

Ruas jalan yang akan diperbaiki antara lain adalah Sukamara-Kuripan (rigid pavement sepanjang 500 meter), Simpang Teluk Kiluan-Simpang Umbar (rigid pavement sepanjang 1.600 meter), Simpang Umbar-Putih Doh (rigid pavement sepanjang 2.000 meter), dan Kuripan-Simpang Kota Agung (flexible pavement sepanjang 435 meter).

"Pak Gubernur, Pak Arinal Djunaidi, memilih ruas jalan yang memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, baik dari sektor produksi pertanian, perkebunan, maupun pariwisata." ungkap Taufiqulloh.

"Kami yakin dengan perbaikan infrastruktur ini, akan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah," katanya penuh keyakinan.

Kadis Taufiqulloh menambahkan, mempercepat pembangunan infrastruktur untuk mendukung pengembangan pariwisata adalah janji kerja Pak Arinal.

"Pak Arinal sering mempromosikan wisata Teluk Kiluan dan Gigi Hiu kepada tamu-tamu Pemprov Lampung. Dan Teluk Kiluan dan Gigi Hiu ada di ruas jalan yang akan segera kita perbaiki ini."

"Teluk Kiluan dan Gigi Hiu ini bukan cuma milik Kabupaten Tanggamus saja, tapi sudah menjadi milik provinsi dan milik nasional. Tentunya kita bekerja bersama-sama dalam rangka penguatan konektivitas tadi," pungkasnya.

Pj. Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, juga menyambut baik upaya perbaikan infrastruktur tersebut. Menurutnya, perbaikan jalan akan meningkatkan konektivitas dan mempermudah akses ke pusat-pusat produksi serta destinasi wisata, seperti Teluk Kiluan dan Gigi Hiu.

"Kabupaten Tanggamus memiliki potensi wisata yang luar biasa, dan dengan perbaikan jalan ini, kami berharap dapat menarik lebih banyak wisatawan dan meningkatkan perekonomian daerah," kata Mulyadi Irsan.

Pembangunan ruas jalan ini, menurut PJ Bupati Mulyadi Irsan, untuk memberi penguatan terhadap konektivitas di Tanggamus, baik yang terhubung dengan Provinsi maupun Nasional. Karena menuju dan dari Tanggamus ini terhubung salah satunya melalui jalur ruas jalan lintas barat.

"Kita ingin nanti lintas barat ini terhubung dengan sistem jaringan jalan provinsi dan kabupaten bahkan sampai ke pusat-pusat produksi," ucapnya.

Mulyadi juga berharap, kolaborasi tidak berhenti sampai di antara pusat, provinsi, dan kabupaten. Ia pun meminta agar camat dan kepala pekon untuk membangun pariwisata secara bersama-sama.

"Kalau hanya mengandalkan provinsi dan pusat, tidak akan jalan pembangunan pariwisata di sini. Pembangunan itu harus berbagi tugas." ia menekankan semangat kolaborasi.

"Pusat, provinsi, dan kabupaten, hanya mampu sampai perawatan jalan. Selebihnya, seperti membersihkan semak di sisi jalan, bisa dilakukan oleh warga kecamatan dan pekon." Mulyadi mengimbau Camat dan seluruh Kepala Pekon yang mendampingi.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Kelumbayan, Derius Putrawan, juga menyatakan dukungannya terhadap pembangunan di kecamatan tersebut.

"Kami siap mendukung dalam pelaksanaan program pemerintah kabupaten, provinsi, dan pusat." Derius menegaskan.

"Termasuk pemeliharaan jalan agar dapat berfungsi dengan baik. Seperti membersihkan semak-semak yang sudah menutupi sebagian badan jalan di beberapa titik" ujarnya.

RELATED NEWS