Penyebab iPhone Sering Overheating dan Cara Mengatasinya!

Yunike Purnama - Selasa, 03 Oktober 2023 10:53
Penyebab iPhone Sering Overheating dan Cara Mengatasinya! Penyebab iPhone Sering Overheating dan Cara Mengatasinya! (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - iPhone 15 baru memang baru saja dirilis untuk dijual lebih dari seminggu lalu. Meski permintaan akan iPhone baru melonjak yang menyebabkan antrean di depan toko dan waktu yang lama, terdapat laporan bahwa iPhone baru tersebut mudah menjadi hangat dan tidak nyaman ketika digunakan, aplagi model iPhone 15 Pro.

Seperti yang dilansir Trenasia jaringan Kabarsiger dari Gadgetsnow pada Senin, 2 Oktober 2023, Apple telah mengakui masalah ini dan mengidentifikasi alasan yang dapat menyebabkan iPhone bekerja lebih panas dari perkiraan.

Meski sebagian besar orang menyalahkan adanya bingkai titanium baru pada model iphone 15 Pro dan beberapa ada yang menyalahkan A17 Pro 3nm baru sebagai alasan di balik panasnya iPhone 15 Pro, Apple membantah semua hal tersebut dan mengatakan bahwa hal tersebut normal untuk iPhone 15 Pro. Beberapa hari pertama iPhone terasa panas, tapi bukan itu saja ada juga beberapa bug pada pembaruan iOS 17 yang tampaknya menyebabkan iPhone menjadi lebih hangat.

Mengapa iPhone Jadi Overheating?

Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa iPhone bekerja lebih hangat daripada yang diprediksi selama beberapa hari pertama? Apple mengatakan hal tersebut disebabkan oleh peningkatan aktivitas di latar belakang.

Saat Anda mengatur iPhone baru atau memulihkannya dari iPhone sebelumnya, iPhone akan mengunduh semuanya dari awal, mulai dari aplikasi, foto, dan musih, bahkan mempelajari pola penggunaan Anda agar mampu mengoptimalkan dengan lebih baik sehingga beberapa proses tetap berjalan di latar belakang yang membuat iPhone yang baru diatur menjadi terlalu panas.

Apple dilaporkan menemukan bug di iOS 17 yang akan diperbaiki pada pembaruan software yang akan datang, tapi menyebabkan iPhone menjadi terlalu panas. Hal ini bisa disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga seperti Instagram, Uber, dan sebagainya yang mungkin jadi penyebabnya. 

Apple mengatakan pihaknya sedang bekerja sama dengan apra developer untuk meluncurkan pembaruan sekaligus menyelidiki aplikasi lain yang mungkin menyebabkan masalah yang sama.

Cara Mengatasi Overheating pada iPhone

Jika iPhone terasaterlalu panas, hindari memaparkan perangkat Anda pada suhu ekstrem atau menggunakan fitur tertentu dalam kondisi panas atau sinar matahari langsung untuk menghindari masalah kinerja pada ponsel.

Selain itu, disarankan untuk menggunakan pengisi daya pihak pertama iPhone atau perangkat lainnya. Jika iPhone Anda menjadi terlalu panas, cobalah untuk matikan, lalu mulai ulang. 

Periksa aplikasi yang tetap bekerja di background atau latar belakang yang intensif dan hapus instalan aplikasi yang memengaruhi perangkat Anda. Jika kesehatan baterai Anda di bawah 80%, dan iPhone Anda memanas saat mengisi daya atau penggunaan normal, sangat disarankan untuk mengganti baterai. (*)

Editor: Redaksi
Tags iphoneoverheatingBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS