Penyebab Cuaca Panas Sebabkan Baterai Ponsel Cepat Habis

Yunike Purnama - Selasa, 17 Oktober 2023 11:31
Penyebab Cuaca Panas Sebabkan Baterai Ponsel Cepat HabisIlustrasi baterai ponsel (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Ponsel atau smartphone adalah salah satu benda penting yang saat ini tampaknya selalu dibawa ke mana saja oleh setiap orang. Akan tetapi, banyak pengguna ponsel yang justru tidak mengetahui aspek penting dalam perawatan ponsel, salah satunya soal suhu.

Banyak pengguna smartphone yang tidak menyadari bahwa suhu memiliki pengaruh besar terhadap kinerja ponsel. Tidak hanya itu, gelombang panas dan cuaca yang dingin juga dapat berdampak negatif terhadap masa pakai baterai serta kinerja dari ponsel. 

Saat ini Indonesia mengalami cuaca panas yang sering dikeluhkan oleh warganet di media sosial. Bahkan, beberapa daerah di Tanah Air sampai saat ini tidak mengalami hujan sama sekali.

Jika Anda beraktivitas di luar gedung ber-AC yang aman, Anda mungkin memperhatikan bahwa selain munculnya risiko dehidrasi dan sengatan matahari, ponsel dapat kehilangan sebagian dayanya atau bahkan menghabiskan baterai lebih cepat dari biasanya.

Seperti yang Anda ketahui, sebagian besar perangkat elektronik portabel terutama smartphone mengemas berbagai komponen ke dalam bingkai logam atau plastik yang mudah terpengaruh oleh cuaca. Oleh karena itu, performa ponsel bisa menurun, masa pakai baterai bisa turun secara drastis dan dalam kondisi ekstrem menyebabkan kebakaran pada baterai.

Mengapa Ponsel Bisa Menjadi Panas?

Mengapa ponsel bisa menjadi panas?

Seperti yang dilansir Trenasia dari Telegraph pada Senin, 16 Oktober 2023, sebagian besar smartphone dirancang untuk tetap berfungsi bahkan di hari yang panas. Apple misalnya menyatakan bahwa iPhone dirancang untuk dapat bekerja pada suhu sekitar 0 sampai 35 derajat Celcius.

Akan tetapi, kondisi atau proses tertentu dapat memperburuk keadaan. Hal yang paling umum terjadi adalah ponsel terpapar sinar matahari secara langsung atau sedang menjalankan suatu aplikasi atau program yang memerlukan prosesor atau layar secara intensif, seperti bermain game, menonton video, dan menggunakan sistem navigasi satelit.

Ponsel menjadi lebih panas saat melakukan aktivitas-aktivitas tersebut karena prosesnya kompleks memerlukan banyak pergerakan dalam desain chip ponsel sehingga pergerakan tersebut menghasilkan panas. Hal ini terutama terjadi ketika Anda sedang mengisi daya ponsel, sebuah proses di mana terjadi aliran listrik melalui ponsel dan melibatkan pergerakan bahan kimia secara cepat, apalagi jika Anda memiliki ponsel dengan fitur fast charging.

Mengapa Panas Menyebabkan Baterai Ponsel Jadi Cepat Habis?

Mengapa panas menyebabkan baterai ponsel jadi cepat habis?

Ponsel dapat berisiko mengalami kerusakan ketika temperaturnya terlalu panas, seperti komponennya jadi rusak, layar retak, baterai terbakar, yang akhirnya menyebabkan ponsel meledak.

Untuk melindungi ponsel dari risiko-risiko seperti yang dijelaskan di atas, smartphone modern memiliki sistem respon bawaan yang dapat menghentikan ponsel bekerja terlalu keras ketika suhu mencapai tingkat panas yang berbahaya.

Pertama, ponsel akan memperlambat kerja prosesor, sehingga kinerja ponsel Akan mulai melambat dalam kondisi panas. Hal ini artinya ponsel sedang memasuki mode perlindungan diri untuk sementara.

Jika ponsel menjadi sangat panas, tindakan yang lebih drastis mungkin akan dilakukan. Seperti iPhone yang memunculkan peringatan suhu, yang nanti akan meredupkan layar, mengalihkan radio seluler ke mode daya rendah, dan menghentikan pengisian daya apapun. 

Masa pakai baterai juga dapat dipengaruhi oleh panas. Hal ini karena ponsel biasanya akan bekerja lebih keras ketika cuaca panas yang akan menghabiskan lebih banyak energi. Panas juga dapat menurunkan kinerja komponen pada baterai.

Tidak hanya itu, kondisi panas dapat menurunkan masa pakai baterai secara permanen, sehingga setiap kali ponsel menjadi panas, kapasitas baterai yang berharga dapat hilang. Semakin sering hal itu terjadi, maka akan semakin nyata dampaknya.

Itu tadi penjelasan mengenai alasan cuaca panas bikin baterai ponsel jadi cepat habis. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS