Penumpang WNA Naik Transportasi Kereta Api Meningkat 82 Persen

Yunike Purnama - Jumat, 25 Agustus 2023 14:47
Penumpang WNA Naik Transportasi Kereta Api Meningkat 82 PersenPT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang transportasi terlihat mengalami peningkatan kepercayaan pelayanannya dari warga negara asing (WNA). (sumber: KAI)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang transportasi  terlihat mengalami peningkatan kepercayaan pelayanannya dari warga negara asing (WNA). Hal itu terlihat dengan membukukan peningkatan penumpang WNA yang sangat signifikan. 

Melansir dari situs resmi KAI, sebanyak 82 persen atau sebesar 205.078 penumpang WNA tercatat menggunakan jasa KAI selama periode Januari s.d Juli 2023. Padahal dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022, KAI hanya mencatatkan penumpang WNA sebanyak sejumlah 112.703 orang.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyatakan, “peningkatan sebesar 82 persen dibandingkan tahun yang lalu, menunjukkan peningkatan kepercayaan semua pihak, termasuk diantaranya penumpang WNA terhadap layanan KAI yang andal, aman, dan tepat waktu.”

Selama periode Januari hingga Juli 2023, tercatat Kereta api yang menjadi favorit penumpang WNA adalah KA Argo Wilis relasi Bandung - Surabaya Gubeng pp yang mencatatkan penumpang WNA sebanyak 5.793 orang, KA Sancaka relasi Yogyakarta - Surabaya Gubeng pp yang mencatatkan penumpang sebanyak 4.063 orang, dan KA Argo Dwipangga relasi Gambir - Solo Balapan pp yang mencatatkan penumpang sebanyak 3.731 sebanyak.

Selain itu, relasi perjalanan yang menjadi favorit WNA pada periode tersebut yaitu relasi Gambir - Bandung dengan mencatatkan penumpang sebanyak 19.352 orang, relasi Bandung - Gambir dengan mencatatkan penumpang sebanyak 15.558 orang, dan relasi Gambir - Yogyakarta dengan mencatatkan penumpang sebanyak 10.820 orang.

Untuk stasiun yang menjadi stasiun keberangkatan favorit WNA diantaranya adalah Stasiun Gambir yang mencatatkan penumpang sebanyak 45.062 orang, Stasiun Yogyakarta yang mencatatkan penumpang sebanyak 35.450 orang, dan Stasiun Bandung yang mencatatkan penumpang sebanyak 27.152 orang. Ketiga stasiun tersebut juga menjadi stasiun tujuan favorit WNA.

Joni berharap KAI bisa memberikan kesan positif dari para penumpang WNA untuk pariwisata di Indonesia melalui berbagai peningkatan pelayanan di transportasi kereta. 

“Semoga KAI dapat memberikan kesan positif untuk terus mempromosikan kemajuan Indonesia melalui perkeretaapian. Sekaligus sebagai dukungan nyata bagi kebangkitan dunia pariwisata Indonesia,” pungkas Joni.(*)

Editor: Redaksi
Tags Penumpang WNAKAIBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS