Pentingnya UMKM Memiliki Website Sendiri

Yunike Purnama - Sabtu, 19 Februari 2022 13:40
Pentingnya UMKM Memiliki Website SendiriIlustrasi pembuatan website UMKM. (sumber: Pixabay)

BANDARLAMPUNG - Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus bertransformasi ke platform digital. Dengan memiliki website sendiri, pelaku UMKM bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Dani Indra Kusworo selaku Product Manager Niagahoster mengatakan website tidak hanya menjangkau pelanggan di dalam kota saja.

"Dengan memiliki website, bisnis seseorang bisa diakses oleh calon pelanggan dari berbagai kota dan negara yang berbeda-beda. Sehingga hal itu dapat memberi kesempatan bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan mereka," jelas Dani, Sabtu (19/2/2022).

Dani menuturkan selama masa pandemi COVID-19, para pelaku UMKM banyak yang bertransformasi ke platform digital. Mereka menjangkau pasar lewat media sosial, messanger, hingga marketplace.

Jumlah UMKM yang sudah terhubung dalam ekosistem digital naik hingga 99 persen selama pandemi. Omzet yang didapat pun meningkat hingga 80 persen sejak masuk ke platform digital.

Pada dua bulan terakhir ini, banyak UMKM atau bisnis online yang kian berkembang pesat, dan mulai mengambil kesempatan untuk membuka website milik mereka sendiri.

Selain itu, seiring berjalannya waktu, tak sedikit bisnis online berbasis website yang membutuhkan upgrade trafik website yang kian tinggi. Hal ini dikarenakan bertambahnya pengunjung serta pembeli, terlebih di masa pandemi ini.

"Pada era digital ini, orang-orang cenderung menjelajah internet dan mencari informasi melalui Google sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk," jelasnya.

Karena hal itu, seketika produk yang dicari oleh banyak orang, dijual dengan mudah oleh pemilik usaha lewat website yang muncul di mesin pencarian. Kemudian para pembeli akan mencari tahu info produk pada website dan membeli produknya.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan bisnis online, Ficky Septian Ali selaku Product Manager Niagahoster menjelaskan pihaknya sudah menyediakan layanan Cloud Hosting.

Layanan tersebut diciptakan guna memenuhi kebutuhan pengguna, dengan bisnis yang semakin besar dan menyebabkan trafik website semakin tinggi. "Resource yang tinggi itu berfungsi agar website lebih cepat diakses, aman dan mudah digunakan meski trafiknya semakin tinggi," jelas Ficky.

Ficky menambahkan, sebelumnya Niagahoster telah memiliki layanan Unlimited Hosting dan Virtual Private Server (VPS). Namun, layanan itu belum cukup untuk memenuhi kebutuhan website bisnis online yang trafiknya semakin tinggi. Lewat layanan Cloud Hosting, Niagahoster menargetkan untuk memberi solusi bagi para pelaku UMKM, dengan trafik website yang semakin tinggi.

"Harapannya, trafik website yang tinggi bukan lagi halangan bagi pemilik usaha untuk memiliki website dengan performa yang cepat dan andal," tutup Ficky. (*) 

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS