Pengguna Punya Kontrol, Instagram Uji Daftar Audiens untuk Stories

Yunike Purnama - Jumat, 13 Oktober 2023 16:01
Pengguna Punya Kontrol, Instagram Uji Daftar Audiens untuk StoriesIlustrasi aplikasi instagram (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Saat ini mayoritas pengguna internet tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama Instagram. Instagram sekarang menjadi media sosial populer yang memiliki banyak pengguna.

Instagram memudahkan para penggunanya saling terhubung, berbagi informasi, bahkan mendapatkan uang dengan berjualan barang atau layanan. Tidak cukup di situ saja, Instagram juga menyediakan berbagai fitur yang memudahkan pengguna, termasuk menjaga keamanan pengguna, salah satunya yang satu ini.

Instagram dilaporkan sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna berbagi Stories hanya dengan kelompok followers atau pengikut tertentu saja. Dalam siarannya baru-baru ini seperti yang dilansir Trenasia dari Gadgets Now pada Senin, 9 Oktober 2023, CEO Instagram, Adam Mosseri mengungkapkan bahwa platform media sosial telah mulai menguji kemampuan untuk berbagi Stories dengan banyak daftar audiens.

Menurut Adam Mosseri, hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna berbagi Stories ke kelompok yang lebih kecil dan memberikan pengguna kontrol yang lebih besar terhadap siapa saja yang dapat melihat Stories pengguna.

“Sebagai seseorang yang sering menggunakan (fitur) Close Friends, saya cukup bersemangat bisa membuat daftar tambahan untuk orang-orang dalam hidup saya,” tambah Adam Mosseri pada siarannya, seperti yang dikutip dari Gadgets Now pada Senin, 9 Oktober 2023.

Seperti yang Anda ketahui, saat ini hanya ada dua pilihan saat berbagi Stories, membagikannya dengan semua followers Anda atau hanya dengan sekelompok teman dekat tertentu. Fitur Close Friends memungkinkan Anda untuk membuat daftar teman tertentu dan berbagi Stories hanya dengan sekelompok orang tersebut.

Akan tetapi, adanya fitur baru ini tentu akan memberikan kontrol lebih besar terhadap siapa saja yang bisa kita bagikan Stories, karena pengguna dapat membuat beberapa grup yang terdiri dari orang yang berbeda.

Fitur berbagi dengan beberapa daftar audien Instagram ini hanya tersedia di lokasi tertentu saja. Fitur ini memungkinkan pengguna membuka daftar khusus untuk orang-orang tertentu seperti contohnya saudara atau teman jalan-jalan.

Pengguna dalam daftar tersebut akan melihat ikon bintang hijau dan nama daftar saat melihat Stories Anda. Anda juga akan bisa membuat daftar berbeda dan seseorang dapat berbagi Stories dengan lebih dari satu daftar. Meski demikian, masih tidak diketahui berapa jumlah maksimum pengguna yang dimasukkan ke daftar tersebut.

Perlu diketahui, sebetulnya fitur ini mirip dengan fitur yang sebelumnya sudah ada di feeds atau timeline Facebook. Pengguna Facebook bisa membagikan postingan dengan menyembunyikan postingan tersebut untuk sekelompok daftar orang. Selain itu, pengguna dalam daftar tersebut juga tidak akan mengetahui bahwa mereka masuk ke dalam daftar.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS