Pengguna Facebook Kini Bisa Miliki Banyak Profil Pribadi dalam Satu Akun

Yunike Purnama - Kamis, 28 September 2023 15:30
Pengguna Facebook Kini Bisa Miliki Banyak Profil Pribadi dalam Satu Akun (sumber: null)

BANDARLAMPUNG - Facebook sekarang mengizinkan pengguna membuat beberapa profil pribadi dalam akun yang sama melalui fitur Multiple User. Hal ini mungkin menjadi sebuah langkah mengejutkan yang mungkin terkesan menyimpang dari kebijakan lamannya.

Seperti yang Anda ketahui, dulu pengguna harus menggunakan berbagai solusi seperti membuat halaman atau akun baru dengan alamat email berbeda untuk memisahkan identitas online pengguna. 

Akan tetapi, dengan adanya inovasi terbaru dari Facebook akan memungkinkan pengguna mengelola berbagai profil dengan lancar, masing-masing memiliki lingkaran pertemanan sendiri dan pengalaman pengguna yang dipersonalisasi.

Fitur Multiple User di Facebook

Selama bertahun-tahun sebetulnya Facebook dikenal keras menentang gagasan bahwa pengguna memiliki banyak akun, menerapkan verifikasi identitas, dan berbagai hambatan lainnya untuk menghalangi individu membuat lebih dari satu profil. Akan tetapi, saat ini Facebook tampaknya telah berubah dengan mengadopsi konsep multiple user. Fitur ini sebetulnya sudah dilakukan oleh anak perusahaannya, Instagram.

Perubahan yang terjadi di Facebook ini sebetulnya diperlukan, mempertimbangkan kompleksitas kehidupan modern. Hal ini karena kita sering kali berada dalam situasi di mana kita tidak ingin berbagi konten yang sama dengan kelompok orang yang berbeda.

Misalnya, mungkin Anda tidak ingin memposting atau mengomentari topik yang sama ketika atasan, anggota keluarga, dan teman masih menjadi bagian dari jejaring sosial Anda. Secara historis, Facebook berupaya mengatasi masalah ini melalui pengaturan privasi dan daftar pengecualian, yang meskipun bermanfaat terkadang dapat rumit dilakukan.

Oleh karena itu, Facebook menawarkan solusi alternatif yaitu dengan mengizinkan pengguna membuat beberapa profil yang disesuaikan dengan identitas mereka yang berbeda. Pendekatan ini memungkinkan Anda mengelola profil online Anda.

Cara Menggunakan Fitur Multiple User di Facebook

Cara membuat Multiple User di Facebook kini mudah dilakukan. Bahkan, jauh lebih mudah dibandingkan metode sebelumnya ketika membuat Halaman atau memulai akun baru dari awal. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Account SelectorUntuk memulai, klik panah di samping nama Anda di menu Facebook, lalu pilih Create New Profile.
  2. Kustomisasi Profil
    Selanjutnya, Anda dapat memilih nama dan username untuk profil baru Anda serta memilih profil dan foto sampul. Hal ini diperlukan untuk menetapkan identitas profil sekunder Anda.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, profil sekunder Anda sudah siap. Facebook akan memandu Anda melalui pengaturan tambahan, di mana Anda dapat memilih untuk mengikuti teman dari akun utama, menerima saran grup dan halaman untuk bergabung, dan meninjau pengaturan privasi untuk memastikan bahwa profil sekunder Anda selaras dengan preferensi Anda.(*)

Editor: Redaksi
Tags facebookBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS