Pendongeng Lampung Jarwo Songha Mendongeng Dalam B2SA Goes to School 2024

Eva Pardiana - Jumat, 07 Juni 2024 19:18
Pendongeng Lampung Jarwo Songha Mendongeng Dalam B2SA Goes to School 2024Pendongeng Lampung Jarwo Songha Mendongeng Dalam B2SA Goes to School 2024 (sumber: Dok. Jarwo Songha)

PESAWARAN – Badan Pangan Nasional dan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung kembali menggelar Program B2SA Goes to School 2024. Program ini bertujuan mengenalkan menu yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). Tahun ini akan ada 10 sekolah yang dikunjungi untuk program sosialisasi. Program ini juga berkolaborasi dengan Kampung Dongeng Lampung dan Cendana Production.

Pendongeng Lampung, Jarwo Songha mendongeng dalam Program B2SA Goes to School 2024 pada Rabu (5/6/2024). Kegiatan ini diselenggarakan di halaman SDN 58 Gedung Tataan, Pesawaran dengan peserta sekitar 155 siswa. Anak-anak tampak bahagia dan tertawa saat Kak Jarwo mulai mendongeng. Kegiatan mendongeng ini dibuka dengan pembacaan wawancan. Wawancan adalah salah satu jenis sastra lisan Lampung.

Pendongeng Lampung, Jarwo Songha, tampil kompak dengan boneka kesayangannya, Bruno. Kak Jarwo mengajak anak-anak untuk makan makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman. Beragam berarti beranekaragam menu yang dikonsumsi.

Bergizi seimbang artinya menu yang dikonsumsi banyak mengandung gizi dan seimbang. Aman artinya menu yang dikonsumsi terbebas dari zat kimia, zat fisik yang berbahaya maupun zat biologis. Ada porsi yang ideal untuk menu yang sesuai standar B2SA ini.

“1/3 untuk makanan pokok, 1/3 untuk sayuran, 1/6 buah-buahan dan 1/6 lauk pauk,” terangnya.

Kabid Konsumsi dan Ketahanan Pangan, yang diwakili Ibu Desi, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak mengenai menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). Kami ingin mengenalkan menu B2SA ini dengan cara yang menarik. Ada Pendongeng Lampung, Jarwo Songha yang mendongeng dalam kegiatan hari ini. Kak Jarwo bisa menyampaikan dengan baik kepada anak-anak.

“Kami berharap anak-anak bercerita kepada orangtua mereka, sehingga para orangtua bisa menerapkan menu B2SA dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya.

Darma Alfikri, salah satu siswa SDN 58 Gedung Tataan  sangat bahagia dengan penampilan dongeng yang dibawakan Kak Jarwo. Apalagi Kak Jarwo membawa bonekanya yang lucu bernama Bruno. Acaranya seru dan keren sekali.

“Kami juga dapat makan siang yang sesuai yang enak dan bergizi seimbang,” timpalnya. (*)

Editor: Eva Pardiana
Bagikan

RELATED NEWS