Pemprov Lampung Canangkan 7 Tiyuh sebagai Kampung Pancasila

Eva Pardiana - Kamis, 08 Agustus 2024 00:08
Pemprov Lampung Canangkan 7 Tiyuh sebagai Kampung PancasilaPj. Gubernur Lampung, Samsudin secara resmi mencanangkan tujuh tiyuh sebagai Kampung Pancasila dan meresmikan Tugu Pancasila di Tiyuh Panaragan Jaya, Tulangbawang Barat, Rabu (7/8/2024). (sumber: Adpim Pemprov Lampung)

TULANGBAWANG BARAT – Pemerintah Provinsi (Pemprov) mencanangkan tujuh tiyuh sebagai Kampung Pancasila dan meresmikan Tugu Pancasila di Tiyuh Panaragan Jaya, Tulangbawang Barat, Rabu (7/8/2024).

Pj. Gubernur Lampung Samsudin menyebut tujuh tiyuh ini menyusul tiyuh sebelumnya, yakni Tiyuh Margakencana di Kecamatan Tulangbawang Udik dan Tiyuh Sumber Jaya di Kecamatan Gunung Agung yang telah lebih dahulu dicanangkan menjadi Kampung Pancasila pada tahun 2023 lalu.

“Saya berharap kampung ini sebagai contoh nyata dari penerapan Pancasila, sebagai sumber inspirasi bagi kampung-kampung lainnya di Tulang Bawang Barat dan di seluruh Indonesia,” ujar Samsudin.

Menurut Samsudin, Kampung Pancasila adalah konsep yang menggambarkan bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikan secara nyata dalam masyarakat.

“Kita tidak hanya mengenal dan menghafal Pancasila, tetapi juga menghidupkan dan mengamalkan setiap silanya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nilai luhur Pancasila akan  menjadi pedoman dalam setiap tindakan dan keputusan,” ujarnya

Terkait dengan peresmian Tugu Pancasila, Samsudin mengatakan, tugu ini menjadi lambang dari persatuan, gotong royong dan keadilan sosial yang menjadi dasar dari kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Dandim 0412 Letkol Inf Hery Eko Prabowo dalam sambutannya menegaskan bahwa Kampung Pancasila adalah bentuk inisiatif yang berguna untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat yang beranekaragam baik dalam desa maupun ibu kota.

Acara peresmian ditutup dengan berbagai kegiatan budaya dan seni yang menampilkan keragaman dan kekayaan budaya Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Kegiatan ini tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai bentuk nyata dari pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. (*)

Bagikan

RELATED NEWS