Pemkot Segera Cairkan Gaji Petugas Kebersihan DLH yang Tertunggak 2 Bulan

Eva Pardiana - Senin, 23 Mei 2022 14:07
Pemkot Segera Cairkan Gaji Petugas Kebersihan DLH yang Tertunggak 2 BulanPlt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandar Lampung Muhamad Nur Ramdhan. (sumber: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menyiapkan anggaran sebesar Rp3,4 miliar untuk membayar tunggakan gaji 2 bulan petugas honorer kebersihan dinas lingkungan hidup (DLH).

Sebelumnya petugas honorer kebersihan DLH mengancam akan mogok kerja hingga melakukan demo pada tanggal 27 Mei mendatang. Hal itu lantaran gaji mereka pada Februari dan September di 2021 belum dibayar.

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandar Lampung Muhamad Nur Ramdhan menyampaikan, Rp3,4 miliar tersebut dibayarkan khusus untuk petugas kebersihan DLH yang tertunggak 2 bulan di 2021.

"Berkasnya saya lihat baru masuk hari ini, rencananya kalau dia selesai ya kita akan bayarkan. Disiapkan Rp3,4 miliar untuk sekitar 200 orang petugas DLH saja," ujar Ramdhan, saat dimintai keterangan, Senin, 25 Mei 2022.

Menurut Ramdhan, petugas honor lainnya juga sama ada tunggakan, akan tetapi pihaknya untuk saat ini mengutamakan DLH terlebih dahulu, sementara yang lainnya akan menyusul.

"Untuk kendala ya karena duitnya kurang saja kemarin. mudah-mudahan lah besok bisa, karena kan perintah wali kota besok selesai," kata dia.

Sementara itu, Plt Kadis DLH Kota Bandar Lampung, Riana Afriana mengatakan gaji yang tertunggak di 2021 itu karena tahun kemarin terjadi akibat pandemi Covid-19.

"Sementara untuk seragam memang tahun 2021 itu tidak ada anggarannya, namun tahun ini kita anggarkan untuk pakaian seragam dan sepatu," ucapnya.

Ia juga menegaskan, untuk kecelakaan kerja tetap dinas yang bertanggung jawab. 
Sebab petugas kebersihan di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT), sehingga nanti UPT yang akan melapor ke dinas.

"Nanti setiap bulannya UPT lapor ke Dinas," pungkasnya. (IQB)

RELATED NEWS