Orang Tua Tak Harus Selalu Bahagiakan Anak, Ini Alasannya!

Yunike Purnama - Minggu, 17 September 2023 05:20
Orang Tua Tak Harus Selalu Bahagiakan Anak, Ini Alasannya!Anak-anak mengikuti lomba melukis pada lampu in-Lite LED pada rangkaian kegiatan HUT kesembilan in-Lite LED di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Serib (sumber: Panji Asmoro/TrenAsia)

BANDARLAMPUNG - Sebagai orang tua, Anda tentunya menginginkan anak merasa bahagia. Tak jarang orang tua akan sering melakukan apa pun yang mereka bisa untuk membantu Anak merasakan bahagia. Seperti memberikan hadiah, mengajak mereka jalan-jalan, membelikan mainan, hingga es krim.

Orang tua biasanya akan merasa bahagia jika melihat anak mereka bahagia. Sehingga mengusahakan anak selalu merasa bahagia tampak seperti tugas yang memang harus dilakukan orang tua. 

Douglas Newton MD, MPH seorang psikiatris dan pakar keluarga menulis untuk Psychology Today bahwa mengasuh anak sering kali terasa seperti kerja keras yang berat, sehingga melihat anak-anak merasa bahagia bisa meyakinkan orang tua bahwa mereka telah melakukan hal yang benar.

Namun, Newton menyebut bahwa penting bagi anak-anak untuk merasa tidak bahagia. “Anak-anak seiring pertumbuhannya perlu merasakan berbagai macam emosi yang cukup jauh dari kebahagiaan,” tulis Newton. 

Perasaan yang dimaksud itu seperti perasaan sedih, takut dan kecewa. Faktanya, sebuah penelitian yang mengamati rentang emosi 37 ribu orang menemukan bahwa mereka yang mengalami “emodiversity,” emosi yang sangat beragam, memiliki kesehatan mental yang lebih baik, penurunan depresi, kesehatan fisik yang lebih baik, dan tahu cara menangani berbagai macam emosi.

Lebih lanjut, Newton menyebut bahwa sebagai orang tua, kesedihan, ketakutan, dan kemarahan bukanlah perasaan yang harus dihindarkan dari anak karena semuanya penting untuk pertumbuhan. Sebuah studi di jurnal Emotion juga menunjukkan bahwa mengalami perasaan seperti kemarahan dapat bermanfaat dalam situasi tertentu.

Dengan membiarkan anak Anda mengalami berbagai macam emosi, Anda telah melakukan tugas Anda sebagai orang tua dengan baik. Anda mengajari mereka cara menavigasi situasi sulit, mengatasi, memecahkan masalah, dan mengembangkan empati. 

Semuanya akan mereka perlukan untuk berkembang ketika mereka sudah dewasa. Meski begitu, Newton menjelaskan bahwa kebahagiaan tetap penting untuk dirasakan anak “Tapi jangan khawatir, kebahagiaan tetap penting,” pungkasnya.  (*)

Editor: Redaksi
Tags parentingBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS