Orang Tua Harus Mampu Berperan Jadi Teman Anak

Yunike Purnama - Selasa, 10 Oktober 2023 17:38
Orang Tua Harus Mampu Berperan Jadi Teman AnakIlustrasi (sumber: Freepik)

JAKARTA - Keluarga adalah lingkungan utama yang memainkan peran sentral dalam membentuk karakter anak-anak. Dalam perjalanan tumbuh kembang mereka, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk sikap dan perilaku anak di masa depan. 

Kunci utama untuk memastikan anak memiliki sikap dan perilaku yang baik di masa depan adalah dengan memberikan pengasuhan yang baik, dan itu dimulai dari orang tua.

Dr. Yeniar Indriana seorang psikolog yang menjadi bagian dari Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, menekankan pentingnya peran orang tua sebagai teman terlebih dahulu sebelum menjadi orang tua bagi anak-anak mereka. Ini berarti bahwa pendekatan yang bersahabat dan penuh pengertian dalam mendidik anak dapat membentuk dasar yang kuat untuk hubungan yang sehat.

“Orang tua perlu berperan sebagai teman lebih dahulu, baru kemudian sebagai orang tua anak” ujar Yeniar, dilansir dari undip.ac.id, Senin, 9 Oktober 2023.

Salah satu elemen kunci dalam pembentukan karakter anak adalah komunikasi efektif antara orang tua dan anak. Dengan membuka jalur komunikasi yang baik, orang tua dapat memahami perasaan, kekhawatiran, dan keinginan anak dengan lebih baik. Komunikasi juga membantu anak merasa lebih nyaman untuk berbicara tentang masalah atau perasaannya, yang pada gilirannya, dapat membantu mengatasi potensi masalah atau konflik.

Selain komunikasi yang efektif, penting untuk merangsang kompetensi diri anak di dalam lingkungan keluarga. Hal ini dapat dicapai melalui memberikan dukungan dan bimbingan yang tepat, memfasilitasi kegiatan yang mengembangkan keterampilan anak, dan memberikan dorongan positif yang membangun rasa percaya diri anak.

Parenting yang baik dengan berfokus pada komunikasi yang efektif dan membangun kompetensi diri anak dalam lingkungan keluarga adalah kunci untuk membantu anak-anak mencapai keberhasilan di masa depan. 

Dengan memberikan fondasi yang kuat untuk perkembangan anak-anak, orang tua dapat membantu mereka tumbuh menjadi individu yang mandiri, berempati, dan berperilaku baik, yang akan membawa manfaat baik bagi mereka dan masyarakat secara keseluruhan.(*)

Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS