Oksigen Segera Habis Pencarian Kapal Selam Titan Butuh Keajaiban

Yunike Purnama - Jumat, 23 Juni 2023 05:55
Oksigen Segera Habis Pencarian Kapal Selam Titan Butuh KeajaibanOksigen di kapal selam Titan yang hilang diperkirakan akan habis dalam beberapa jam. (sumber: OceanGate)

KANADA - Oksigen di kapal selam Titan yang hilang diperkirakan akan habis dalam beberapa jam. Harapan untuk menemukan lima orang di dalamnya mulai memudar.

Kapal, bernama Titan kehilangan komunikasi dengan operator tur pada hari Minggu saat berada sekitar 435 mil selatan St John's, Newfoundland elama pelayaran ke bangkai kapal karam Titanic di lepas pantai Kanada.

Kapal, pesawat terbang, dan kapal bawah air telah dikerahkan ke daerah tersebut. Tim penyelamat mencari bagian terpencil Samudra Atlantik sedalam 4.020 m.

Penjaga Pantai Amerika telah memimpin upaya penyelamatan internasional yang ditingkatkan setelah suara-suara di bawah air terdengar pada hari Selasa dan Rabu. Meskipun para ahli tidak dapat menentukan penyebab suara tersebut.

Menurut OceanGate, operator Titan, kapal Ekspedisi OceanGate sepanjang 6,7 m memiliki pasokan oksigen 96 jam jika terjadi keadaan darurat.

Di alam kapal bawah laut itu ada petualang miliarder Inggris Hamish Harding, pengusaha yang berbasis di Inggris Shahzada Dawood, putranya Suleman Dawood, kepala eksekutif dan pendiri OceanGate Stockton Rush dan pilot kapal selam Prancis Paul-Henri Nargeolet.

Penjaga Pantai Amerika memperkirakan pasokan oksigen di kapal selam Titan akan habis pada pukul 12.08 waktu Inggris Kamis, 22 Juni 2023.

Operasi pencarian dan penyelamatan ekstensif terus berlanjut dan mereka yang terlibat mengatakan mereka akan "bertahan sampai akhir".

Salah satu kapal yang dikirim untuk membantu upaya pencarian adalah kapal penelitian Prancis L'Atalante. Kapa; membawa kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV), Victor 6000. ROV ini memiliki kemampuan untuk mengangkat kapal Titan ke permukaan.

Ditanya apakah misi berubah menjadi pencarian pemulihan, Kapten Jamie Frederick dari Penjaga Pantai Amerika mengatakan kepada wartawan: "Ini adalah misi pencarian dan penyelamatan, 100%, kami tepat di tengah pencarian dan penyelamatan dan akan terus berlanjut."

Bahkan mereka yang menyatakan optimisme telah memperingatkan masih banyak kendala. Mulai mulai dari menentukan lokasi Titan, mencapainya dengan peralatan penyelamat, lalu membawanya ke permukaan - dengan asumsi Titan masih utuh. Semua ini harus terjadi sebelum suplai oksigen penumpang habis.

Keajaiban

Seorang penjelajah laut dalam pada hari Kamis mengatakan dibutuhkan "keajaiban" untuk menyelamatkan mereka yang terperangkap di Titan, tetapi tetap berharap.

"Mungkin dua hari yang lalu harapan saya merosot dengan cepat, tetapi kemudian suara-suara ini muncul dan tampaknya ada sumber yang sangat kredibel di sana, kredibel dan dapat diulang,” kata Dr David Gallo mengatakan kepada Good Morning Britain.

"Kita akan melihat bagaimana itu berjalan tetapi semuanya terjadi dengan sangat cepat, jadi kita berpacu dengan waktu. "Harapan kami tinggi. Kami membutuhkan keajaiban pada saat ini, tetapi keajaiban bisa terjadi, jadi saya sangat optimistis."

Dia menambahkan tiga pesawat berbeda mendengar suara di sensor mereka setiap setengah jam, dan ini berlangsung selama dua hari lebih. “Kita harus pada titik ini, berasumsi bahwa itu adalah kapal selam dan bergerak cepat ke tempat itu, menemukannya dan membawa robot ke sana untuk memverifikasi di mana kapal selam itu berada.”

Seorang mantan penumpang di salah satu pelayaran perdana Titan mengatakan dia akhirnya memutuskan untuk mundur dari proyek penyelaman Titanic karena dia tidak nyaman dengan desainnya.

Berbicara kepada Sky News, penjelajah Amerika Josh Gates menjelaskan bagaimana ada kesalahan sistem selama perjalanannya di kapal selam dalam penyelaman tahun 2021.

"Saya akan mengatakan bahwa beberapa sistem di dalamnya bekerja dengan sangat baik. Beberapa di antaranya tidak bekerja dengan baik sama sekali. Kami memiliki masalah dengan pendorong, kami memiliki masalah dengan kontrol komputer di dalamnya," katanya.

"Ada begitu sedikit data yang tersedia tentang mengelola risiko itu dan seperti apa jika kapal selam ini naik turun sebanyak yang seharusnya."(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS