OJK Luncurkan Games Smart Digital, Dorong Literasi Keuangan Digital

Yunike Purnama - Jumat, 20 Januari 2023 08:43
OJK Luncurkan Games Smart Digital, Dorong Literasi Keuangan DigitalDigital Financial Literacy (DFL) berupa games Smart Digital Indonesia versi iOS yang dapat diunduh melalui Apple Store. (sumber: Ist)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peningkatan literasi keuangan digital. Salah satunya dengan meluncurkan Digital Financial Literacy (DFL) berupa games Smart Digital Indonesia versi iOS yang dapat diunduh melalui Apple Store.

Direktur Humas OJK Darmansyah mengatakan, pembuatan games literasi digital ini dilakukan untuk menciptakan ekosistem keuangan digital yang kuat, bertanggung jawab dan  memperhatikan aspek perlindungan konsumen di tengah tingkat literasi layanan keuangan digital yang masih rendah pada masyarakat Indonesia.

"Games Smart Digital Indonesia saat ini sudah memiliki 4 modul literasi keuangan digital yaitu pemilihan produk keuangan, cyber ninja, fintech lending, dan kanal pengaduan kosumen," kata Darmansyah dalam keterangan resmi, dikutip Kamis, 19 Januari 2023.

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang diselenggarakan OJK di tahun 2022, indeks literasi keuangan digital dan indeks inklusi keuangan digital di Indonesia menunjukkan angka 41 persen dan 72%.

Nilai ini menunjukkan bahwa cukup banyak masyarakat yang telah memanfaatkan layanan keuangan digital tanpa memiliki pengetahuan yang memadai.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS