Netflix Uji Coba Pencegahan Berbagi Sandi di Amerika Latin, Ini Hasilnya

Yunike Purnama - Senin, 06 Februari 2023 05:38
Netflix Uji Coba Pencegahan Berbagi Sandi di Amerika Latin, Ini HasilnyaIlustrasi layanan streaming Netflix (sumber: Pixabay)

PERU - Netflix tengah menguji upaya berbagi akun yang biasa dilakukan oleh penggunanya. Guna melancarkan tujuannya, layanan video streaming ini tengah melakukan pengujian di sejumlah negara Amerika Latin.

Mengutip Insider Jumat, 3 Februari 2023, pengujian ya g dilakukan di Peru, Kosta Rika dan Chili menjelaskan bagaimana Netflix menggunakan alamat IP dan ID perangkat untuk mendeteksi dari mana akun diakses.

Pengguna di area uji coba sebelumnya perlu menyiapkan "lokasi utama" melalui TV mereka. Hal ini diverifikasi melalui email atau pesan teks. Jika ada yang mencoba mengakses akun Netflix dari luar lokasi utamanya, maka perangkat mereka akan diblokir.

Netflix juga memberi tahu pelanggan yang berada di lokasi uji coba bahwa mereka harus menonton sesuatu setiap 31 hari. Jika tidak, maka perangkat mereka dapat berhenti ditautkan ke lokasi utama mereka.

Sebagai catatan, Jika Anda bepergian atau tinggal di antara tempat yang berbeda, Anda dapat terus menikmati Netflix. Mengutip pemberitahuan dalam blog bantuan Netflix, pengguna dapat meminta kode akses sementara yang berlangsung selama seminggu dan mereka dapat mengubah lokasi utama kapan saja melalui TV.

Namun, alternatifnya, pelanggan harus mempertimbangkan untuk menambahkan anggota tambahan ke akun Anda.

Meski begitu, pemblokiran akun bukan berarti mereka yang berbagi sandi untuk biaya langganan lebih murah tak bisa dilakukan. Pasalnya, pengguna dapat mengizinkan orang dari luar rumah tangga mereka menggunakan akun mereka dengan biaya tambahan.

Dalam  surat yang ditujukan kepada pemegang saham tertanggal 19 Januari, Netflix mengatakan akan menarik bayaran lebih banyak  pada akhir kuartal pertama 2023.

Perusahaan juga menunjukkan bahwa ketentuan penggunaannya telah membatasi penggunaan akun untuk satu pengguna. Namun, tampaknya ada, perubahan untuk anggota yang berbagi akun secara lebih luas.

Tidak jelas apakah peluncuran kontrol berbagi kata sandi yang lebih luas akan persis seperti uji coba yang dilakukan di Amerika Latin. Sementara Netflix menolak berkomentar. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS