Netflix Mulai Naikkan Harga, Bagaimana dengan Pelanggan di Indonesia?

Yunike Purnama - Jumat, 20 Oktober 2023 10:01
Netflix Mulai Naikkan Harga, Bagaimana dengan Pelanggan di Indonesia?Ilustrasi aplikasi Netflix (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Tindakan keras berbagi kata sandi atau password di Netflix tampaknya telah membuahkan hasil. Kini, platform tersebut dilaporkan telah naikkan harga langganannya setelah terjadi peningkatan jumlah pengguna.

Hal ini tentu mengejutkan para penggemarnya. Sebelumnya, penggemar Netflix dikejutkan oleh kebijakan baru Netflix di mana Netflix memberikan tindakan keras terhadap aktivitas berbagi password atau kata sandi di platformnya.

Sekarang, dilaporkan Netflix juga telah menaikkan harga paket berlangganannya. Sebelumnya, platform streaming tersebut menonaktifkan pembagian password yang mengakibatkan peningkatan jumlah pelanggan. Seperti yang dilaporkan HT Tech yang dilansir Trenasia Jumat, 20 Oktober 2023, platform streaming tersebut mengalami lonjakan pelanggan sekitar 9 juta pada kuartal ketiga.

Namun, kenaikan harga ini tampaknya akan menjadi kejutan yang buruk bagi pengguna Netflix, karena perusahaan sering mengubah kebijakan dan harga.

Harga Langganan Netflix Baru di Amerika Serikat

Harga langganan Netflix baru di Amerika Serikat

Seperti yang dilaporkan oleh Reuters, Netflix telah menindak aktivitas pembagian kata sandi atau password di luar rumah dengan syarat tersebut pada lebih dari 100 juta pemirsa yang menggunakan layanannya tanpa berlangganan. Setelah melihat data tersebut, Netflix mencoba menaikkan harga langganannya secara global dengan membuat lebih banyak orang mau untuk membayar langganannya.

Oleh karena itu, dengan alasan tersebut platform streaming terpopuler ini sekarang menaikkan tarifnya. Keputusan ini tentu akan mengecewakan para pelanggan. Meski begitu, tidak dapat dipungkiri jika Netflix ingin tetap memperoleh keuntungan.

Paket baru ini diputuskan karena Netflix menawarkan paket Basic seharga US$11,9 atau Rp188.647 per bulan dan paket Premiumnya kini seharga US$22,99 atau Rp364.454 per bulan. Paket yang didukung iklan dan tingkat Standard akan tetap memiliki harga yang sama.

Seperti yang dikutip Reuters dari Insider Intelligence analyst Ross Benes, menyebutkan bahwa dengan menggunakan taktik ini, Netflix kemungkinan akan melipatgandakan penayangan atau paket yang didukung iklan pada tahun depan. 

The Verge melaporkan bahwa Netflix sebelumnya telah menghapus paket Basic mereka di Amerika Serikat, Inggris, dan Italia yang menyebabkan peningkatan jumlah penonton di iklan Netflix dan paket Standard. Kini, perusahaan tersebut juga berencana melakukan hal serupa di Jerman, Spanyol, Jepang, Meksiko, Australia, dan Brasil dalam beberapa minggu mendatang.

Selain itu, Netflix mungkin juga akan memperkenalkan fitur baru pada paketnya yang didukung oleh iklan. Hal ini mungkin mengejutkan bagi pelanggan Netflix. Akan tetapi, hal ini tentu dapat diperkirakan akan meningkatkan pendapatan perusahaan dan memberikan keunggulan kompetitif dibandingkan perusahaan streaming lainnya seperti Disney. 

Harga Langganan Netflix di Indonesia

Harga langganan Netflix di Indonesia

Seperti yang dilansir Trenasia dari laman resmi Netflix, per Kamis 19 Oktober 2023, ada 4 paket langganan yang disediakan, yaitu paket Mobile (hanya bisa diakses di ponsel atau tablet dengan resolusi 480p) dibandrol dengan harga Rp54.000, paket Basic dengan harga Rp65.000 dengan resolusi 720p, paket Standard dengan harga Rp120.000 yang resolusinya mencapai 1080p, dan paket premium dengan harga Rp186.000 dengan resolusi 4K+HDR. 

Itu tadi penjelasan mengenai kebijakan Netflix yang menaikkan harga serta informasi harga langganan Netflix di Indonesia.

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS