Musprov Aptikom Lampung 2023, Dosen IIB Darmajaya Sampaikan Kolaborasi Menuju Akreditasi Unggul

Yunike Purnama - Jumat, 26 Mei 2023 06:54
Musprov Aptikom Lampung 2023, Dosen  IIB Darmajaya Sampaikan Kolaborasi Menuju Akreditasi UnggulJoko Triloka, S.T., M.T., Ph.D., dosen Prodi Magister Teknik Informatika Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjadi narasumber dalam Musprov Aptikom Provinsi Lampung 2023 di Universitas Aisyah Pringsewu, Kamis (25/5/2023). (sumber: Ist )

PRINGSEWU - Joko Triloka, S.T., M.T., Ph.D., dosen Prodi Magister Teknik Informatika Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjadi narasumber dalam Musprov Aptikom Provinsi Lampung 2023 di Universitas Aisyah Pringsewu, Kamis (25/5/2023).

Joko Triloka menyampaikan paparan dalam Musprov Aptikom Lampung 2023 "Kolaborasi Menuju Akreditasi Unggul". Dimana, konsep akreditasi Unggul mengacu pada upaya untuk meningkatkan kualitas dan standar suatu institusi, program, atau layanan dengan tujuan mencapai tingkat keunggulan yang lebih tinggi. “Dalam konteks pendidikan, akreditasi Unggul berfokus pada penilaian dan pengakuan terhadap institusi pendidikan yang memenuhi standar yang ditetapkan oleh badan akreditasi," kata dia.

Ketua Prodi Magister Teknik Informatika IIB Darmajaya ini melanjutkan bahwa proses akreditasi melibatkan evaluasi terhadap berbagai aspek. Termasuk kurikulum, staf pengajar, fasilitas fisik, metode pengajaran, manajemen institusi, dan hasil belajar mahasiswa. "Institusi pendidikan yang berhasil memperoleh akreditasi unggul menunjukkan bahwa mereka mencapai tingkat keunggulan dalam hal pengelolaan, kualitas pengajaran, dan lulusan yang kompeten," bebernya.

Untuk mencapai Akreditasi Unggul, kata Joko, institusi pendidikan biasanya harus melalui proses yang komprehensif dan mendalam. "Mereka harus memenuhi persyaratan yang ketat, termasuk memastikan bahwa kurikulum mereka relevan dengan tuntutan industri dan mengikuti perkembangan terkini di bidang yang mereka ajarkan," jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, institusi juga harus menunjukkan komitmen terhadap peningkatan berkelanjutan dan inovasi dalam pengajaran dan pembelajaran. "Keuntungan dari Akreditasi Unggul adalah memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa institusi tersebut menyediakan pendidikan berkualitas tinggi dan relevan dengan kebutuhan saat ini," tutur dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Joko menambahkan akreditasi juga membantu institusi membangun reputasi yang kuat, meningkatkan daya tarik bagi calon mahasiswa dan membantu lulusan mendapatkan pengakuan yang lebih luas di dunia kerja. "Kini setiap perguruan tinggi berlomba-lomba untuk menuju Akreditasi Unggul baik prodi maupun institusinya," pungkasnya.

Adapun dalam Musprov Aptikom Lampung dihadiri jajaran pengurus. Turut hadir juga beberapa perwakilan perguruan tinggi di Provinsi Lampung. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS