Mulai AI Artwork untuk Playlist Hingga Speed Dial, Berikut Daftar Fitur YouTube yang Baru Rilis

Yunike Purnama - Jumat, 27 Oktober 2023 11:44
Mulai AI Artwork untuk Playlist Hingga Speed Dial, Berikut Daftar Fitur YouTube yang Baru RilisYouTube Music baru saja memberikan pengumuman besar-besaran yang mengungkapkan fitur-fitur baru yang akan diluncurkan atau akan segera diluncurkan oleh platform tersebut. (sumber: Pexels)

BANDARLAMPUNG - YouTube Music baru saja memberikan pengumuman besar-besaran yang mengungkapkan fitur-fitur baru yang akan diluncurkan atau akan segera diluncurkan oleh platform tersebut.

Menurut YouTube, YouTube Music memiliki lebih dari 2 miliar pengguna bulanan yang mendengarkan lebih dari 100 juta lagu resmi, bersama dengan live show, video musik, remix, podcast, dan musik eksklusif YouTube lainnya. Fitur-fitur baru ini telah ditambahkan dengan mempertimbangkan berbagai feedback dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Salah satu yang menarik adalah fitur AI generatif baru yang memungkinkan pengguna membuat karya seni untuk playlist khusus. Fitur AI ini tentu tampak menarik, mengingat dulu playlist hanya menggunakan cover dengan menampilkan artwork dari empat lagu pertama dalam tampilan grid.

Namun kini pengguna bisa menambahkan gambar yang disukai menggunakan AI. 

“Mulai hari ini, kami akan mulai meluncurkan fitur eksperimental baru untuk mengguna berbahasa Inggris AS di YouTube Music yang membuat playlist kustom menggunakan AI generatif,” kata T. Jay Fowler, Direktur Manajemen Produk YouTube Music, seperti yang dikutip Trenasia dari HT Tech pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Fitur ini masih bersifat eksperimental, itu artinya masih dalam tahap pengujian. Saat ini, YouTube Music hanya merilis fitur tersebut di Amerika Serikat, namun akan segera diperluas ke wilayah lain.

Fitur AI artwork untuk playlist ini sangat mirip dengan fitur wallpaper AI pada Pixel 8 dan Pixel Pro, di mana pengguna dapat memilih dari berbagai kategori dan kemudian menggunakan prompt yang telah ditulis sebelumnya, di mana pengguna dapat mengubah kata-kata tertentu untuk menghasilkan gambar baru dalam gaya berbeda.

Untuk saat ini, kategori yang disediakan oleh YouTube Music untuk AI artwork ini adalah Colors, Cycles, Travel, Moods, Nature, Animals, Landscapes, Food and Drinks, Fantasy, Workout, dan Humor.

Fitur Baru YouTube Music

Selain itu, fitur menarik lainnya yang ditambahkan YouTube Music adalah Speed Dial, yang pada dasarnya merupakan desain ulang dari fitur Listen Again. Sesuai dengan YouTube, hal ini akan memungkinkan pengguna untuk dengan cepat kembali ke musik yang mereka ulangi.

Fitur ini akan ditempatkan di Tab Home. Namun, fitur ini sayangnya tidak akan tersedia untuk sementara waktu. Seperti yang dikatakan YouTube Music melalui blognya, dalam beberapa bulan mendatang, mereka akan meluncurkan fitur baru di tab Home yang akan membantu pengguna dengan cepat menjelajah dan mendengarkan lagu dan artis yang Anda ulangi.

Sebelumnya, pengguna akan melihat 20 item yang disajikan dalam carousel. Akan tetapi sekarang telah diberikan 9 item dalam kotak 3x3. Fitur ini akan menyertakan lagu, album, dan playlist. Dengan mengetuk fitur tersebut, maka lagu akan segera diputar di mini player dan bukan di jendela tampilan penuh. 

YouTube Music juga menambahkan beberapa fitur yang baru ditambahkan untuk penggunanya termasuk fitur komentar khusus untuk YouTube Music, timed lyric, create radio, dan tab Samples.(*)

Editor: Redaksi
Tags YouTube MusicBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS