MTQ Bandar Lampung Ke-52 Kembali Digelar, Wali Kota Berharap Jadi Ajang Mepertebal Keimanan

M. Iqbal Pratama - Sabtu, 06 Mei 2023 13:04
MTQ Bandar Lampung Ke-52 Kembali Digelar, Wali Kota Berharap Jadi Ajang Mepertebal KeimananWali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana saat pembuka MTQ Ke-52 di Langkapura, Bandar Lampung, Jumat, 6 Mei 2023. (sumber: Diskominfo Kota Bandar Lampung)

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Kota Bandar Lampung kembali menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-52. Sebelumnya agenda ini sempat vakum 3 tahun pandemi Covid-19.

Pembukaan MTQ digelar Jumat malam, 5 Mei 2023 di Kecamatan Langkapura. Peserta berasal dari 20 kecamatan se-Bandar Lampung yang akan memperebutkan piala dari wali kota.

Kegiatan dibuka dengan pawai peserta dan dimeriahkan oleh penampilan drum band hingga tarian tradisional oleh pelajar dari sejumlah Sekolah Menengah Pertama di Kota Tapis Berseri.

MTQ akan berlangsung selama tiga hari. Ada delapan cabang perlombaan yang diikuti oleh 414 peserta dari 20 kecamatan.

Bersama dengan Kepala Kantor Kemenag Provinsi Lampung, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Provinsi dan Kota, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana membuka MTQ Ke-52 ditandai dengan pemukulan bedug besar.

Dalam kesempatan itu, Eva Dwiana berharap MTQ ini dapat meningkatkan keimanan dan kecintaan masyarakat muslim kepada Al-Quran.

"MTQ kali ini juga menjadi momentum memperteguh kekuatan iman dan memahami dan mempelajari isi kandungan Al-Quran," ujarnya.

Nantinya para peserta qori dan qoriah akan memperebutkan piala bergilir dari wali kota. Sebelumnya pada MTW Ke-51 yang diselenggarakan di Kecamatan Bumi Waras, dimenangkan oleh tim dari Kecamatan Langkapura.

Eva berpesan kepada seluruh peserta agar tidak hanya mengejar gelar juara, namun juga dapat meningkatkan  keimanan dan ketakwaan.

"Jadikan ini sebagai amal ibadah kita, terutama pada anak-anak kita semua," kata dia.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Provinsi Lampung, Qodratul Ikhwan mengatakan, selama MTQ berlangsung pihaknya berharap, para peserta dapat menjalin silaturahmi, kebersamaan, dan keguyuban, serta memperdalam pemahaman Al-Quran.(IQB)

M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS