MotoGP Mandalika Diproyeksi Bakal Kontribusi Rp 5 Triliun ke Ekonomi Indonesia

Redaksi - Senin, 24 Juli 2023 05:17
MotoGP Mandalika Diproyeksi Bakal Kontribusi Rp 5 Triliun ke Ekonomi IndonesiaIlustrasi sirkuit MotorGp Mandalika (sumber: motorsport.com)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) kembali berpartisipasi menjadi sponsor utama penyelenggaraan MotoGP Mandalika Lombok, yang akan berlangsung pada 13-15 Oktober 2023.

"Tentu ini menjadi suatu kebanggaan bagi kita, semua Indonesia kembali dipercaya untuk tahun ini untuk mengadakan MotoGP internasional di Mandalika yang juga dimana di sini Pertamina sebagai sponsor Utama," kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, 

Menurut Nicke, perhelatan MotoGP di Mandalika bukan hanya sekedar balapan motor semata. Karena dampak dari perhelatan tersebut sangat besar bagi Indonesia.

Dimana pada awal tahun 2022 lalu, Indonesia  melaksanakan MotoGP di Mandalika yang pertama dan saat itu pandemi covid belum sepenuhnya selesai. Namun, para pecinta MotoGP yang hadir lebih dari 102 ribu orang yang datang secara langsung.

Nicke menyebutkan, ajang MotoGP 2022 berkontribusi sekitar Rp 5 triliun bagi perekonomian nasional, menyerap hingga 4.600 tenaga kerja, dan berhasil mengenalkan 50 UMKM dengan berbagai produk khas Indonesia kepada dunia internasional.

"Tahun lalu ini bisa meningkatkan perekonomian Nusa Tenggara Barat di semester I itu meningkat 3,3 persen. Jadi dampaknya luar biasa, tenaga kerja langsung yang terserap di saat acara itu sekitar 4.600 orang, jadi pertumbuhan ekonomi berputar, transaksi demikian besarnya," ujarnya.

Oleh karena itu, Nicke berharap perhelatan kedua MotoGP di Sirkuit Mandalika bisa berkontribusi lebih dibandingkan tahun lalu. "Jadi tentu kita berharap MotoGP kedua ini, kan sekarang pandemi covid sudah dibuka di Indonesia tentu kita berharap penonton yang datang lebih dari tahun lalu dan tentu saja bisa memberikan dampak terhadap perekonomian, tenaga kerja dan UMKM," pungkas Nicke. 

Ajang balapan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) siap digelar. Berbagai persiapan dilakukan Pertamina jelang perlombaan MotoGP Mandalika yang akan dimulai pada 15 Oktober 2023, salah satunya penjualan tiket.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan, pembelian tiket dibuka mulai hari ini Sabtu (22/7) melalui aplikasi MyPertamina, dan penjualan tiket MotoGP di Sirkuit Mandalika akan ditutup pada Agustus.

"Untuk tiketnya sendiri sudah mulai dijual per hati ini dan akan ditutup di bulan Agustus. Tapi jika memang nanti ada persediaan, kita akan mengumumkan  Extension (perpanjangan) periodenya," kata Riva.

Adapun kuota tiket yang akan dijual oleh Pertamina sebanyak 3.191 tiket. Oleh karen itu, Riva menghimbau bagi masyarakat yang tertarik untuk menonton langsung MotoGP di Mandalika, bisa segera mengecek pembelian tiket melalui aplikasikasi MyPertamina.

"Kuotanya sendiri yang dijual melalui MyPertamina dan dititik offline itu ada 3.191 tiket. Itu kan ada tiga kategori, itu totalnya 3.191 tiket.

Jadi, langsung saja ke MyPertamina, jika belum bisa masuk kesana kita juga ada media sosial MyPertamina di instagram dan MyPertamina.id, silakan didownload semua informasi ada disana," ujarnya.(*)

Editor: Redaksi
Tags motogp mandalikaBagikan

RELATED NEWS