Minat Berkarier di Bidang HR? Berikut 3 Divisi yang Bisa Anda Pilih

Yunike Purnama - Sabtu, 14 Januari 2023 11:15
Minat Berkarier di Bidang HR? Berikut 3 Divisi yang Bisa Anda PilihIlustrasi (sumber: Pixabay )

BANDAR LAMPUNG - HR atau human resources adalah departemen yang bertugas untuk mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia yaitu karyawan dari tingkat staff hingga manajerial .

Beberapa perusahaan memilih untuk memperkerjakan HR generalist  yaitu posisi yang mengerjakan semua cakupan pekerjaan seorang HR. 

Namun ada juga perusahaan yang memilih untuk membaginya menjadi beberapa divisi dan sering disebut HR specialist. Hal ini dilakukan agar terfokuskannya job desc di masing-masing posisi sehingga jalannya tugas HR akan lebih efektif dan efisien.

Keputusan untuk menggunakan HR generalist atau HR specialist tergantung pada ukuran, jumlah karyawan, dan efisiensi di masing-masing perusahaan.

Nah berikut 3 divisi yang umumnya ada di bawah departemen HR:

1. Training and Development
Training and Development adalah divisi di bawah HR yang bertugas untuk meningkatkan kinerja karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan. Jobdesc HR training and development meliputi Training Need Analysis ( TNA ) untuk menentukan pelatihan apa yang dibutuhkan oleh karyawan untuk mengembangkan soft skill juga hard skill mereka. Setelahnya HR Training and Development juga bertugas untuk menyelenggarakan pelatihan dan perintilannya seperti ToR, surat undangan, hingga notulensi kegiatan pelatihan. Apabila pelatihan dilakukan menggunakan vendor training dari luar, maka HR Training and Development juga bertugas untuk mencari vendor tersebut.

2. Recruitment
Lingkup tugas HR Recrutiment meliputi pembuatan strategi perekrutan organisasi, mulai dari pembuatan iklan lowongan kerja, seleksi kandidat, menghubungi kandidat, mengatur jadwal wawancara hingga penempatan kandidat pada posisi yang sesuai. Selain itu biasanya HR recruitment juga memproses transfer karyawan, promosi, demosi, mutasi dan rotasi. Pemutusan hubungan kerja hingga exit interview juga masih dibawah tanggung jawan HR Recruitment.

3. Compensation and Benefits
HR Compensation and Benefits bertugas pada administrasi karyawan seperti payroll, absensi, gaji, tunjangan, hingga BPJS. Tugas ini mulai dari penetapan gaji, analisis survei kompenassi, evaluasai hingga rencana tunjangan dan pantauan biaya tunjangan.

Nah berikut tadi pilihan divisi yang dapat Anda ambil ketika memutuskan untuk berkarier di bidang HR. (*)

Editor: Redaksi
Tags Bidang HRBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS