Microsoft Rencana Masukkan Fitur AI di Paint, Tertarik Menggunakannya?

Yunike Purnama - Sabtu, 26 Agustus 2023 14:12
Microsoft Rencana Masukkan Fitur AI di Paint, Tertarik Menggunakannya?Microsoft dilaporkan sedang mengembangkan cara untuk menghadirkan kemampuan kecerdasan buatan (AI) di aplikasi Paint, Photos, dan Clipping Tool. (sumber: Ist)

JAKARTA - Microsoft dilaporkan sedang mengembangkan cara untuk menghadirkan kemampuan kecerdasan buatan (AI) di aplikasi Paint, Photos, dan Clipping Tool. Tidak hanya itu, Microsoft juga disebut ingin menambahkan berbagai fitur seperti AI generatif, identifikasi objek, dan optical character recognition ke aplikasi tersebut.

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Paint di perangkat Windows. Aplikasi Paint menjadi salah satu alat pengeditan alat pengeditan gambar paling ikonik untuk pengguna Windows. Dengan adanya AI, Paint dapat dimanfaatkan untuk membuat gambar dari awal atau menyempurnakan gambar yang sudah ada dengan berbagai cara. Misalnya, Anda bisa meminta Paint untuk membuat kanvas dengan warna tertentu, menambahkan objek tertentu ke gambar, atau membuat gambar berdasarkan input teks.

Photos adalah aplikasi pengelola foto yang dapat dimanfaatkan untuk memungkinkan pengguna melihat, mengedit, dan mengatur foto. Dengan tambahan fitur AI, maka Photos dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang dan objek dalam foto, menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto, atau bahkan untuk membuat kolase dan animasi. 

Sedangkan Clipping Tools adalah suatu alat yang membantu pengguna untuk mengambil foto screenshot atau tangkapan layar. Dengan adanya fitur AI, Clipping Tools dapat digunakan untuk mengekstrak teks dari screenshot, menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain atau bahkan untuk membuat meme.

Tidak hanya itu, seperti yang dilansir Trenasia.com dari Gizchina pada Jumat 25 Agustus 2023, Microsoft dikabarkan berencana menjadikan AI sebagai fokus utama pada perilisan Windows berikutnya yang diharapkan akan dirilis pada tahun 2024. Hal ini menunjukkan bahwa AI dapat diintegrasikan ke dalam banyak aplikasi Windows lainnya di masa depan.

Penggunaan AI di aplikasi Windows juga berpotensi akan membuat aplikasi-aplikasi tersebut jadi lebih bertenaga dan ramah pengguna. Selain itu, AI juga akan membantu Microsoft membedakan Windows dari sistem operasi lain.

Manfaat Adanya AI di Perangkat Windows

Penggunaan AI di Windows juga akan membantu Anda dalam berbagai hal sebagai berikut.

Meningkatkan Produktivitas

AI dapat membantu pengguna jadi lebih produktif dengan mengotomatiskan tugas dan memberi saran. Misalnya, AI dapat secara otomatis mendeteksi dan memperbaiki kesalahan umum pada gambar, menyarankan perbaikan pada gambar, atau menghasilkan tekstur dan latar belakang yang realistis.

Meningkatkan Kreativitas

Adanya AI akan membantu pengguna jadi lebih kreatif dengan menyediakan alat dan kemungkinan baru, misalnya untuk menghasilkan gambar dari awal, menyempurnakan gambar yang sudah ada, bahkan membuat animasi.

Meningkatkan Aksesibilitas

Fitur AI yang ada di Windows nanti akan membantu aplikasi-aplikasi di perangkat tersebut lebih mudah diakses oleh penyandang disabilitas. Misalnya, AI dimanfaatkan untuk mendeteksi dan menghapus teks dari screenshot secara otomatis atau untuk menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain.

Secara keseluruhan, AI berpotensi menjadikan Paint, Foto dan Clipping Tools lebih canggih, ramah pengguna, dan mudah diakses. Hal ini merupakan perkembangan menarik yang dapat berdampak besar pada cara kita menggunakan komputer.(*)

Editor: Redaksi
Tags AIMicrosoftBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS