Menteri LHK Apresiasi Kinerja Karantina Pertanian Lampung

Eva Pardiana - Senin, 03 Mei 2021 18:55
Menteri LHK Apresiasi Kinerja Karantina Pertanian LampungMenteri LHK Siti Nurbaya Bakar (kanan) saat menyerahkan penghargaan kepada Kepala Karantina Pertanian Lampung, Muh Jumadh di Kantor Kepolisian Resort Lampung Selatan, Senin (3/5/2021). (Dok. Karantina Pertanian Lampung)

Kabarsiger.com, Bandar Lampung – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar memberikan apresiasi kepada Karantina Pertanian Lampung atas keberhasilan menggagalkan penyelundupan Orangutan Sumatera (Pongo Abelli), Senin malam (26/4/2021) lalu.

Pada kunjungannya ke Lampung, Senin (3/5/2021), Siti Nurbaya memberikan penghargaan kepada Karantina Pertanian Lampung yang diterima langsung oleh Kepala Karantina Pertanian Lampung, Muh Jumadh di Kantor Kepolisian Resort Lampung Selatan.

Siti Nurbaya menjelaskan bahwa Orangutan Sumatera merupakan salah satu satwa langka dan dilindungi. Oleh karenanya, dalam proses pengembalian satwa langka dan dilindungi ke habitat asalnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi mengingat Orangutan tersebut masih bayi atau berumur kurang dari dua tahun.

"Kami mengapresiasi kinerja semua pihak atas keberhasilan dalam penanganan kasus ini, kami juga mengimbau pengawasan terutama di Bakauheni untuk terus ditingkatkan," ujar Siti Nurbaya.

Kepala Karantina Pertanian Lampung, Muh Jumadh menegaskan keberhasilan dalam menggagalkan upaya penyelundupan satwa ini tidak lepas dari kerjasama yang baik dari berbagai pihak. Instansi terkait di pelabuhan baik dari kepolisian, ASDP, BKSDA maupun NGO pemerhati satwa Jakarta Animal Aid Network (JAAN) dan Flight selalu bersinergi dengan Karantina Pertanian Lampung.

"Kami akan terus memperkuat pengawasan di setiap tempat pemasukan dan pengeluaran, terutama di zona rawan penyelundupan satwa," kata Muh Jumadh.

Orangutan Sumatera tersebut diamankan tim gabungan Operasi Patuh Karantina   saat hendak dibawa menuju Jakarta. Dua ekor hewan langka asal Lubuk Pakam Sumatera Utara ini akan diseberangkan ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung. (VA)

RELATED NEWS