Mentan Hilang Kontak di Eropa Setelah Kasus Korupsi Mencuat

Yunike Purnama - Rabu, 04 Oktober 2023 05:12
Mentan Hilang Kontak di Eropa Setelah Kasus Korupsi MencuatMenteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (sumber: Kementan)

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo “menghilang” di Eropa usai dikabarkan menjadi tersangka korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum lama ini. Kementerian Pertanian (Kementan) hingga kini belum mengetahui keberadaan sang menteri.

Sebagai informasi, Mentan baru-baru ini melakukan kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah negara di Eropa. Kementan menyebut kabar terakhir dari Sayhrul adalah saat kunker ke Spanyol. Setelah itu, Kementan kehilangan kontak dengan politikus NasDem tersebut.

Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi mengatakan keberadaan Syahrul Yasin Limpo masih misteri. “Sampai hari ini kami terus mencari keberadaan Pak Menteri. Sampai detik ini belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri,” kata Harvick, dikutip Selasa 3 Oktober 2023.

Harvick mengatakan Syahrul melakukan kunker ke Spanyol dan Italia pada akhir September. Sejumlah pejabat eselon I dan II turut serta dalam kegiatan tersebut. Syahrul diketahui berpisah dengan rombongan saat hendak pulang. Mentan dijadwalkan pulan ke Indonesia 30 September 2023 lalu. “Tiket pesawat rombongan terpisah-pisah,” ujar Harvick.

Pihaknya menegaskan hilang kontak Syahrul tak terkait dugaan kasus korupsi yang tengah diusut KPK. Harvick berharap dapat segera menjalin kontak dengan Syahrul. “Insya Allah sih enggak (kabur karena kasus korupsi). Kita doakan bersama agar bisa segera selesai,” kata dia.

Lebih lanjut, Kementan belum berencana melaporkan hal tersebut ke kepolisian. Harvick sendiri meyakini aparat telah berinisiatif melakukan pencarian. Mentan Syahrul Yasin Limpo dikabarkan telah ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK.

Syahrul menjadi tersangka bersama dengan dua orang terkait lainnya dari Kementerian Pertanian (Kementan). Hingga kabar ini diturunkan, belum terdapat informasi resmi dari KPK. Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri hanya menjawab diplomatis saat dikonfirmasi soal penetapan tersangka Mentan.

Pihaknya mengaku masih mengumpulkan alat bukti untuk pengembangan kasus. NasDem sebagai partai yang menaungi Syahrul pun masih menunggu rilis resmi soal penetapan tersangka kadernya.

KPK diketauhi telah menggeledah rumah dinas milik Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang berada di Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Kamis 28 September 2023. Hal tersebut dibenarkan Ali Fikri. “Benar, ada giat di sana,” ujar Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis 28 September 2023.

Dalam penggeledahan, KPK menemukan uang puluhan miliar dan sejumlah senjata api. Barang bukti tersebut sudah disita lembaga antirasuah. Penyidik juga menyita dokumen seperti catatan keuangan dari pembelian aset bernilai. Terkait dugaan korupsi yang dilakukan, KPK belum membeberkannya lebih jelas sebab masih dalam tahap penyelidikan. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS