Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Alat Permainan Edukatif Celengan Angka

Eva Pardiana - Rabu, 14 September 2022 15:38
Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Alat Permainan Edukatif Celengan AngkaMeningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Alat Permainan Edukatif Celengan Angka (sumber: Mei sunarti, S.Pd.)

ALAT Permainan Edukatif (APE) merupakan alat bantu bermain sambil belajar yang meliputi alat-alat untuk bermain bebas dan kegiatan-kegiatan di bawah pimpinan guru. Menurut Meyke alat permainan edukatif adalah alat permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan.

Sudjana (2009) menyebutkan definisi alat permainan edukatif merupakan suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga yang bertujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien.

Media yang dapat digunakan untuk pembelajaran bisa dari barang bekas seperti, kardus bekas, kotak pepsoden, kotak susu,dan lain sebaginya. Dari barang-barang bekas tersebut dapat kita olah untuk media pembelajaran bagi anak yang dapat meningkatkan aspek perkembangan anak seperti meningkatkan kognitif anak dalam mengenal pola warna dan ukuran, mengenal konsep besar-kecil, panjang-pendek, dan tinggi-rendah.

Meningkatkan aspek seni anak, misalnya menghias kardus dengan rapi. Juga dapat meningkatkan fisik motorik halus anak, seperti dalam menggerakkan jarinya ketika menggunting lingkaran atau menempelkan kertas origami.

Kegiatan ini juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa anak dengan bertanya bentuk apa ini? Huruf apa ini? Dan warna apa ini? Meningkatkan aspek sosial emosionalnya seperti sabar dalam menempel kertas origami pada celengan angka agar terlihat rapi dan bagus.

Serta dapat meningkatkan aspek agamanya seperti mensyukuri apa yang sudah Tuhan berikan kepada manusia bahwa bahan-bahan tersebut ternyata bisa digunakan kembali dan dapat menjadi media yang bagus.

Media kardus bekas yang digunakan pada permainan ini sangat mudah dibuatnya. Alat dan bahannya kardus bekas, lem fox, cat, kertas origami, kertas kado, gunting.

Berikut cara membuat permainan edukatif celengan angka:

  • Kardus bekas dibungkus kertas kado kemudian dilubangi.
  • Kardus dan kertas origami digunting berbentuk lingkaran.
  • Tempel pola lingkaran yang sudah ditempel angka tersebut pada kardus.

Penulis: Mei sunarti, S.Pd.
(Tenaga Pendidik di TK Islam Al Amin Lampung Tengah)

Editor: Eva Pardiana
Tags Artikel KhususBagikan

RELATED NEWS