Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Anak Usia Dini pada Kegiatan Bereksperimen Membuat Susu Pelangi

Eva Pardiana - Rabu, 14 September 2022 11:36
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Anak Usia Dini pada Kegiatan Bereksperimen Membuat Susu PelangiBereksperimen Membuat Susu Pelangi di TK Kenanga Kemiling Bandar Lampung. (sumber: Medina Cinderatri, S.Pd.)

METODE Eksperimen adalah satu dari banyak metode mengajar dimana siswa melaksanakan suatu percobaan mengenai sesuatu hal, melihat prosesnya dan menuliskan hasil percobaannya, selanjutnya hasil pengamatan tersebut di sampaikan di kelas dan dievaluasi oleh pendidik (Roestiyah, 2012:80).

Ada pun media yang dapat digunakan untuk pembelajaran bereksperimen ini yaitu menggunakan pencampuran warna membuat susu pelangi menggunakan pewarna makanan, susu, cotton bud, sabun pencuci piring dan piring.

Dari bahan-bahan tersebut kita dapat  meningkatkan kognitif anak dalam mengenal pola warna dan ukuran, mengenal konsep besar-kecil, mengenal sebab akibat, membedakan benda cair dan padat.

Meningkatkan aspek seni anak, misalnya pada saat anak meneteskan pewarna makanan ke dalam susu mereka berimajinasi warna apa yang menarik untuk di teteskan, dapat meningkatkan fisik motorik halus anak misalnya dalam menggerakkan jarinya ketika menekan pewarna makanan dengan cotton bud.

Meningkatkan kemampuan bahasa anak dengan bertanya bentuk apa ini? Dan warna apa ini? Meningkatkan aspek sosial emosionalnya sabar melakukan kegiatan sehingga mendapat hasil yang bagus dan dapat meningkatkan aspek agamanya seperti mensyukuri apa yang sudah Tuhan berikan dan ciptakan untuk kita gunakan.

Berikut cara bereksperimen membuat susu pelangi:

  • Tuangkan susu ke dalam piring.
  • Teteskan pewarna makanan ke dalam susu, usahakan pada saat diteteskan warna diberi jarak agar tidak tercampur.
  • Tekan pewarna makanan yang sudah diteteskan dengan cotton bud yang sudah dicelupkan pada sabun pencuci piring.

Penulis: Medina Cinderatri, S.Pd.
(Tenaga Pendidik di TK Kenanga Kemiling Bandar Lampung)

Editor: Eva Pardiana
Tags Artikel KhususBagikan

RELATED NEWS