Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Melalui Kegiatan Bercerita yang Bervariatif dengan Media Boneka

Eva Pardiana - Sabtu, 01 Oktober 2022 06:10
Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Melalui Kegiatan Bercerita yang Bervariatif dengan Media BonekaKegiatan bercerita dengan media boneka, mampu meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada anak. (sumber: Medina Cinderatri, S.Pd.)

BAHASA adalah ucapan pikiran dan perasaan seseorang yang teratur dan digunakan sebagai alat komunikasi antar anggota masyarakat, Suamiati (1987:1). Mengembangkan bahasa pada anak usia dini dapat dilakukan dengan cara bercerita karena bercerita adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menyampaikan suatu pesan, informasi atau dongeng belaka, yang bisa dilakukan secara lisan atau tertulis.

Dalam model pembelajaran, anak dibimbing mengembangkan kemampuan untuk mendengar cerita. Melalui bercerita, anak akan bisa mengembangkan kemampuan bahasanya, bisa mengulang bahasa yang didengarnya dengan bahasa yang sederhana, sehingga metode bercerita berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak.

Ada pun media yang dapat digunakan untuk bercerita salah satunya yakni menggunakan media boneka, dimana boneka sangat disukai oleh anak-anak, dan boneka juga sebagai alat bantu dalam pembelajaran, khususnya pada saat kegiatan bercerita. Jenis boneka yang digunakan adalah boneka yang terbuat dari potongan kain. Manfaat menggunakan media boneka bagi anak  membantu anak membangun keterampilan sosial, melatih kemampuan menyimak, dan meningkatkan daya imajinasi anak.

Tujuan utama dari bercerita yaitu melatih dan mengembangkan bahasa anak, dimana pada saat anak mendengar cerita, anak adalah sebagai penyimak secara aktif memproses dan memahami apa yang di dengar. Bercerita dengan media adalah cara yang sangat tepat digunakan dalam kegiatan bercerita akan tetapi media yang digunakan harus menarik salah satunya dengan menggunakan boneka.

Penulis: Medina Cinderatri, S.Pd.
TK Kenanga Kemiling Bandar Lampung

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS