Menilik Perjalanan Telkomsel Wujudkan Kemerdekaan Digital untuk Indonesia

Yunike Purnama - Senin, 21 Agustus 2023 08:31
Menilik Perjalanan Telkomsel Wujudkan Kemerdekaan Digital untuk IndonesiaKehandalan broadband jaringan internet Telkomsel berperan meningkatkan produktifitas di setiap lini profesi. (sumber: Yunike Purnama/Kabarsiger)

BANDARLAMPUNG - Dahulu pernahkan anda membayangkan perkembangan digital akan secepat dan secanggih seperti saat ini? Dimana jaringan internet dapat dijangkau dimanapun dan kapanpun menjalani gaya hidup digital dengan akses cepat tanpa batas. 

Perjalanan transformasi perkembangan teknologi telekomunikasi mulai dari 2G, 3G, 4G hingga 5G di Indonesia, Telkomsel konsisten hadir di setiap momen dengan memiliki peran penting sebagai penggerak mendorong pertumbuhan ekosistem digital yang lebih masif.

Langkah transformasi digital terus digencarkan, seperti pada momen Telkomsel menjadi bagian tonggak penting bagi implementasi inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC) dengan resmi melakukan pemisahan segmen bisnis atau spin off segmen bisnis Indihome dari Telkom Indonesia ke Telkomsel pada awal Juli 2023 lalu.

Lahirnya Telkomsel One 

Ilustrasi layanan program Telkomsel One. Foto: Istimewa

Tidak perlu waktu lama setelah proses spin off Indihome, tepatnya 21 Juli 2023 Telkomsel kembali berhasil menciptakan kemerdekaan digital untuk para pelanggannya melalui berbagai pilihan produk dan layanan tanpa batas membuka peluang yang tak terlihat melalui ‘Telkomsel One’. 

Dengan fokus perkuat segmen Business to Consumer (B2C), Telkomsel One merupakan program bundel yang menggabungkan layanan internet kabel IndiHome dan internet seluler Telkomsel menjadi satu paket lengkap. Cukup dengan Telkomsel One, pelanggan dapat berlangganan paket internet IndiHome sambil mendapatkan paket internet seluler Telkomsel secara bersamaan dengan teknologi Fixed mobile convergence/FMC. 

Telkomsel One Buka Semua Peluang Hadirkan Pengalaman Digital

Hadirnya Telkomsel One dengan empat keunggulannya yakni One Bill, One App, One Touch Point dan One Solution pelanggan dipastikan mampu mengakses konektivitas broadband internet berkualitas super cepat tanpa batas, baik dirumah atau beraktivitas diluar rumah hanya dengan satu transaksi dan satu aplikasi setiap bulannya. 

Telkomsel One menghadirkan beragam keunggulan layanan yang dapat dinikmati pelanggan, seperti kecepatan Indihome hingga 2 GB, kuota data orbit hingga 20 GB, kuota data keluarga hingga 80 GB yang dapat digunakan untuk enam nomor yang berbeda. 

Ada juga layanan Closed User Group (CUG) untuk melakukan telepon dan SMS pada grup yang sama, kemudian pelanggan juga diberikan akses memilih beragam layanan hiburan kelas dunia seperti MAXStream, Disney+ Hotstar hingga Vidio. Dengan fitur koneksi Internet pasti pertama di Indonesia, yang memberikan pengalaman unbreakable internet untuk konektivitas IndiHome yang pasti terkoneksi secara seamless antara jaringan fiber ke seluler (mobile).

Demi menghadirkan kemudahan pelanggan Telkomsel One dikelola melalui satu platform, yaitu aplikasi MyTelkomsel yang kini tidak hanya berfungsi untuk mengelola layanan Telkomsel pelanggan, tetapi juga untuk mengelola paket IndiHome dan Telkomsel One. Dengan lahirnya layanan dan produk Telkomsel One, semakin mengukuhkan Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan berhasil melengkapi dan mengerti kebutuhan pelanggan di era digital yang serba cepat dan mudah sesuai kebutuhan pelanggan. 

Jaringan Telkomsel Ikut Memajukan Roda Perekonomian UMKM dan Industri Kreatif

Owner Toko Kue dan Roti Yussy Akmal, Yussy Asih Faurini. Foto: Istimewa

Owner Toko Kue dan Roti Yussy Akmal, Yussy Asih Faurini yang juga merupakan pengusaha kuliner dan penggerak UMKM Provinsi Lampung sudah merasakan kenyamanan dari layanan dan produk Telkomsel, khususnya dengan adanya upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE. 

"Sebagai pengusaha dan penggerak UMKM Lampung pastinya seluruh aktivitas saya selalu terkoneksi dengan jaringan Telkomsel untuk kembangkan laju usaha, dengan adanya upgrade layanan 3G ke 4G tentunya sarana komunikasi yang saya gunakan akan terus meningkat kenyamanannya, sehingga penggunaan layanan digital bisa lebih baik lagi kedepannya,"ujar Yussy. 

Aktivitasnya selain mengelola Toko Kue dan Roti, Yussy bersama timnya juga aktif memberikan pelatihan hingga pendampingan pemasaran untuk para UMKM baik secara online ataupun offline. Dalam program pelatihannya ini dibutuhkan support pendampingan provider untuk membantu UMKM agar mahir mempromosikan produknya secara digital. 

Ia juga mengucapkan, terimakasih kepada Telkomsel yang telah memberikan kenyamanan dan keleluasaan pelanggan untuk mampu menggerakan roda ekonomi dengan layanan maksimal dari 4G/LTE Telkomsel. 

Kemudahan akses broadband internet Telkomsel juga sangat dirasakan salah satu konten kreator gaya hidup sehat asal Lampung Ayu Widya Astuti dengan akun @ibunyarashid. Dalam konten videonya ia rutin membuat konten inspiratif tentang menghitung kalori tubuh, memasak makanan dan minuman sehat rendah kalori, rutin membuat tips menyimpan sayur dan buah secara higienis hingga sharing perlengkapan dapur unik.

"Menurutku kemudahan akses internet saat ini memang sangat membantu para konten kreator yang selalu memerlukan koneksi internet yang kencang dan stabil, karena untuk upload satu video saja sudah butuh kapasitas cukup besar dengan high quality, jadi kalau jaringannya tidak bagus video yang di upload bisa pecah,”paparnya. 

Ia menambahkan, kecepatan internet Telkomsel yang stabil juga membantu profesi konten kreator lebih fokus membuat konten yang dibuat sehingga bisa menghasilkan video menarik dan berkualitas yang berujung kepada keuntungan lebih maksimal. 

Manfaat jaringan Telkomsel juga dirasakan oleh Umarudinsyah yang bekerja freelance di bidang perencanaan industri kreatif, Umar kerap kali melakukan sharing/rapat virtual dengan mitra dan rekanan hingga rutin webinar zoom disetiap eventnya yang membutuhkan jaringan internet yang cepat. 

"Kebutuhan jaringan internet cepat tanpa batas menjadi hal krusial di bidang industri kreatif yang sudah beralih pola kerja digital, maka perlu memilih produk dan layanan provider tepat yang mampu mengakomodir seluruh aktivitas digital dan jaringan Telkomsel solusinya,"ujar Pria yang sudah memakai Telkomsel Prabayar (simPATI) lebih dari satu dekade ini. 

Selanjutnya, dari sisi profesi jurnalis kehandalan broadband internet juga menjadi kebutuhan penting. Transformasi masyarakat mencari informasi ke ranah digital, jurnalis harus mampu menyajikan pemberitaan yang akurat, tepat dan cepat. 

"Aktivitas mobile profesi jurnalis dengan sistem kerja yang dituntut cepat dan tepat menyajikan berita terkini, tidak terlepas dari jaringan internet yang berkualitas dengan turut mencerdaskan masyarakat dengan membantu menghadirkan informasi yang cepat dan berkualitas kepada masyarakat," ujar jurnalis senior Kabarsiger.com Eva Pardiana.

Kilas Balik Telkomsel Hadir Setiap Momen Sejarah Teknologi Telekomunikasi

Ilustrasi BTS Telkomsel. Foto: Istimewa 

Keberhasilan Telkomsel hingga mencapai titik mampu menghadirkan produk dan layanan secanggih Telkomsel One, tidak terlepas dari perjalanan panjang 28 tahun evolusi Telkomsel untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan. Dengan menerapkan proses kerja cerdas tentunya harus mampu beradaptasi dan berinovasi dengan cepat terhadap perubahan teknologi yang terus bergulir. 

Sebagai awal kilas balik kiprah Telkomsel, perdana memperkenalkan teknologi 2G atau generasi kedua sekitar tahun 1995. Tepat pada momen berdirinya Telkomsel pada 26 Mei 1995 memperkenalkan produk pertamanya yakni layanan pascabayar KartuHalo. 

Pada 2G Telkomsel menghadirkan layanan telepon yang jernih dan layanan SMS/MMS. Jaringan generasi kedua ini sebagai tonggak awal komunikasi digital tahap awal dari analog. Kecepatan yang ditawarkan oleh 2G dengan mengandalkan Global Packet Radio Services (GPRS) mencapai 50 kilobyte per second.

Transformasi masih berlanjut, pada tahun 1997 Telkomsel juga menjadi yang pertama di Asia untuk meluncurkan layanan seluler prabayar, yakni dengan nama simPATI Nusantara sebagai kartu prabayar legendaris pertama di Asia. Hadirnya simPATI Nusantara menjadi salah satu sejarah hingga Telkomsel mampu melesat menjadi operator terbesar di Indonesia yang mampu dipertahankan hingga kini.

Kemudian pada tahun 2004, inovasi terus dilakukan dengan memperkenalkan teknologi generasi ketiga atau 3G. Masih ditahun yang sama Telkomsel meluncurkan layanan seluler prabayar dengan nama Kartu AS dengan slogan Pas Buat Semua pilihan tarif yang lebih terjangkau. 

Era jaringan 3G Telkomsel berhasil menjadi yang pertama membawa kemajuan dan perubahan besar dengan layanan EDGE (Enhanced Data Rates for GSM Evolution) mampu mentransfer data sampai 126 kbps (bahkan sampai 473,8 kbps) yang memberikan layanan akses internet dengan kecepatan lebih tinggi dan layanan data lebih luas. 

Berjalannya waktu hingga tahun 2014, Telkomsel kembali berevolusi dengan membawa era 4G LTE dengan kecepatan maksimum mencapai 100 Mbps. Ditahun yang sama Loop lahir dengan layanan seluler prabayar dengan target market segmen muda saat itu melalui tarif yang cukup bersahabat. 

Perbedaan signifikan Telkomsel sukses menghadirkan layanan kepada konsumen untuk dapat menikmati kecepatan internet yang lebih tinggi, mulai dari streaming video, bermain gim dan maksimalkan beragam fitur yang ada di smartphone. 

Inovasi terus dilakukan Telkomsel dengan melakukan langkah transformasi dalam mewujudkan integrasi produk-produk dan layanan yang semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan konsumen. 

Seperti diketahui, seiring dengan pengenalan logo baru Telkomsel pada akhir Juni 2021, bersama dengan dua produk prabayar lainnya (Kartu AS dan Loop), Simpati akhirnya dilebur menjadi Telkomsel Prabayar. Kartu Halo yang merupakan produk pasca bayar juga berganti rupa menjadi Telkomsel Halo. 

Komitmen dalam menghadirkan konektivitas digital berteknologi terdepan yang merata dengan kualitas setara hingga ke pelosok negeri, proses pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE sejak tahun 2022 sudah menjangkau 504 kota/kabupaten di Indonesia hingga pertengahan 2023. 

Khusus untuk daerah Lampung proses upgrade layanan ke 4G/LTE dilakukan secara bertahap di beberapa kabupaten/kota seperti Bandar Lampung, Lampung Barat, Pesisir Barat, Pringsewu, Tulang Bawang, Tubaba dan Tanggamus. 

"Telkomsel juga telah menghadirkan lebih dari 18.000 BTS 4G/LTE di wilayah Sumbagsel dan untuk wilayah Branch Lampung sudah ada 4.400 BTS 4G/LTE," ujar GM Region Network Operations and Productivity Telkomsel Sumbagsel Wawan Kuswandono. 

Selanjutnya di sisi lain, Telkomsel tetap mempertahankan by.U yang merupakan digital provider pertama di Indonesia. Di luar penyederhanaan produk, dileburnya Simpati bukan tanpa sebab. Pasalnya, imbas teknologi 4G LTE yang pertama kali diluncurkan di Indonesia pada akhir 2014, layanan dasar (basic service) seperti voice dan SMS yang sebelumnya mendominasi keseharian pengguna di era 2G dan 3G, kini semakin berkurang. Digantikan oleh data, konten atau aplikasi.

Setelah berhasil menjadi bagian dari sejarah berkembangnya jaringan 2G, 3G dan 4G, Telkomsel tetap terus melakukan transformasi dengan turut mengembangkan teknologi 5G atau generasi kelima di Indonesia. Pada tahun 2018 Telkomsel melakukan uji coba layanan 5G  dengan nama 'Telkomsel 5G Experience Center' yang bertepatan dengan momen Asian Games 2018. 

Pada teknologi 5G menghadirkan konektivitas yang sangat handal dengan latency rendah. Telkomsel juga memiliki peran penting dalam membangun infrastruktur 5G di Indonesia dengan membuka peluang pengembangan Internet of Things (IoT) yang dipercaya dapat membawa dampak positif ke berbagai aspek kehidupan era digital saat ini. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS