Menilik Langkah Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Gaet Gen Z Melalui Generasi Happy

Yunike Purnama - Sabtu, 23 September 2023 23:31
Menilik Langkah Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Gaet Gen Z Melalui Generasi Happy Puncak acara Festival Generasi Happy di Lapangan Saburai, Bandarlampung pada Sabtu, 23 September 2023. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Komitmen transformasi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) tampak semakin nyata. Melalui brand image barunya, IOH kini tidak hanya fokus pada penguatan jaringan internet berkualitas secara merata, tetapi juga konsisten memberikan wadah untuk para generasi muda terus berkarya di ranah digital. 

Salah satunya melalui perhelatan Festival Generasi Happy dari Tri yang merupakan bagian dari IOH. Event yang memasuki tahun kedua ini menyasar Generasi Z (Gen Z) dengan menghadirkan konsep kolaborasi empat pilar yakni literasi digital, skill development, academy dan entertainment. 

Dipilih fokus literasi digital Gen Z, hal ini karena mereka generasi yang tumbuh pada era digital yang identik dengan perkembangan teknologi. Gen  Z merupakan generasi yang paling banyak menghabiskan waktu beraktivitas di dunia digital, atau rata-rata lebih dari 7 jam perhari. Hal inilah yang mendorong IOH untuk mengajak Gen Z agar dapat menggali potensi di dunia digital dan memanfaatkannya secara lebih kreatif dan positif. 

"Dari setiap Festival Generasi Happy, kami ingin event ini menjadi gudangnya inspirasi khususnya untuk Gen Z agar mereka yang datang bisa mendapat insight dan eksplore ide-ide kreatif karena bertemu langsung para konten kreator yang sudah expert,"papar SVP  District Operational Head of Sumatra Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Yesias Petrus Boeboe saat konferensi pers Sabtu, 23 September 2023. 

Yesias mengatakan, Kota Bandarlampung menjadi perjalanan kota terakhir dalam perjalanan program Generasi Happy dari Tri tahun 2023, setelah sebelumnya mengunjungi Kota Pontianak, Surabaya, Semarang, dan Tangerang. Dipilihnya Lampung, karena antusiasnya yang luar biasa menyambut hadirnya festival Generasi Happy, terlihat dari track penjualan tiket yang kurang dari tiga minggu sebelum event sudah terjual diangka 9.000 atau hampir ¾ dari total keseluruhan. 

Venue Inspiratif Gali Skill Kreatif Gen Z

Venue The Dream Maze pada Festival Generasi Happy di Lapangan Saburai, Bandarlampung. Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger

Dari setiap venue Festival Generasi Happy memberikan experience digital kreatif yang bisa dicoba. Seperti labirin The Dream Maze bertulisan tagline besar #IniWaktunyaKita yang banyak memberikan insight melalui berbagai tulisan dan karya inspiratif untuk mendorong Gen Z menggali bakatnya baik di bidang fotografi, video kreatif dan masih banyak lagi. 

Kemudian hadir juga venue TRIsureIsland untuk mengeksplorasi beragam produk, layanan 3 terbaru hingga spot H3RO ESports 4.0 untuk para pecinta games. 

Selanjutnya dalam memperkuat literasi digital dan skill development Gen Z, rangkaian program Generasi Happy juga diisi dengan kegiatan school & campus visit untuk mengedukasi pentingnya literasi digital bagi Gen Z. Dalam rangkaian school & campus sudah mencakup 1.600 sekolah dengan lebih dari 57.000 audience. 

Sharing Session Bersama Konten Kreator 

Sharing session bersama konten kreator Gen Z Bondol.JPG dan Modynz. Foto: Istimewa

Lebih dari tujuh konten kreatif profesional bergabung selama rangkaian Generasi Happy tahun 2023.  Untuk event di Lampung spesial menghadirkan Bondol.JPG dan Modynz yang didapuk menjadi MC sekaligus sharing session konten kreator. 

Selama pengalamannya mengikuti Generasi Happy, Bondol.JPG mengaku mendapatkan banyak inspirasi. “Aku senang banget bisa menjadi bagian dari Generasi Happy, karena sebagai content creator penting bisa memahami literasi digital dan mengeksplorasi pengembangan diri di dunia digital. Dengan adanya festival Generasi Happy di Bandarlampung tentu turut memberikan dukungan kepada Gen Z untuk bersama menghasilkan karya kreatif dan positif sesuai ciri khas dan passion mereka, agar mereka dapat siap beraksi memaksimalkan potensi di dunia digital,”ujarnya. 

Mody menambahkan, pada literasi digital Generasi Happy juga diberikan tips mahir berkarya di ranah digital. Selain passion, dalam membuat konten memang ada beberapa step yang harus diperhatikan. Seperti riset awal, konsep kontennya seperti edukasi, comedy, beauty dan lain- lain. Dari konsep nanti terlihat target viewersnya siapa. “Kemudian dari beberapa konten video yang sudah dibuat bisa dilihat mana yang paling banyak ditonton, pada step ini bisa sustain untuk produksi konten selanjutnya,”jelasnya. 

Rizky Febian, Ghea Indrawari Sukses Hibur 10 Ribu Gen Z Lampung

Selain menjadi kota terakhir digelarnya Generasi Happy tahun 2023, pada puncak acara Festival Generasi Happy berhasil menghibur lebih dari 10 ribu lebih pengunjung dengan menghadirkan sederet musisi terfavorit di kalangan Gen Z, antara lain Rizky Febian dan Ghea Indrawari, serta musisi kebanggaan Lampung, Batas Senja dan Belangkon Haji.

Ghea Indrawari penyanyi berbakat ini tampil menawan menyanyikan sejumlah lagu seperti Bucket List; Rinduku; Berjalan Meninggalkanmu; Kamu Anggap Apa; Masa Mudaku Habis; dan Jiwa yang Bersedih. Ghea juga menampilkan lagu hits Andra And The Backbond berjudul " Sempurna". 

Penampilan tak kalah menarik yang menjadi momen yang ditunggu-tunggu Gen Z, Rizky Febian. Lagu andalan ditampilkannya Terlukis Cinta; Cukup Tau; Luka; Makna Cinta; Seperti Kisah; Cuek; Berada Dipelukanmu dan Penantian Berharga dinyanyikan pada puncak acara Generasi Happy di Lampung. 

Belajar Menjadi Penjaga Bumi di Mata Najwa on Stage 

Mata Najwa on Stage sharing menjadi penjaga bumi bersama Najwa Shihab di Festival Generasi Happy Lampung. Foto: Istimewa

Tak hanya entertainment, Festival Generasi Happy juga memberikan talkshow inspiratif ‘Mata Najwa on Stage' bersama Najwa Shihab, dengan tema ‘Menjadi Penjaga Bumi’. Kali ini, Najwa Shihab mengajak Chelsea Islan, aktris dan penggiat lingkungan; Robi Navicula, musisi dan penggiat lingkungan; dan Ernest Layman, CEO serta Co-Founder startup teknologi pengelolaan sampah ‘Rekosistem’.

Kepada Gen Z Lampung Najwa mengajak untuk jagalah Bumi seperti menjaga rumah sendiri. Tentu banyak cara untuk menjaganya, tapi terpenting adalah butuh komitmen bersama untuk melindungi Bumi. 

Chelsea pun mengingatkan, bumi kita hanya satu, tak ada planet cadangan yang bisa kita dihuni. Maka, kalau bukan kita jaga bumi, siapa lagi? Mulailah dari hal kecil dan jika dilakukan konsisten akan berdampak besar untuk bumi yang kita pijak. 

IOH Fokus Tingkatkan Infrastruktur dan Jaringan Internet di Lampung 

SVP  District Operational Head of Sumatra Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Yesias Petrus Boeboe. Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger

Dengan besarnya antusiasme masyarakat, khususnya Gen Z melalui rangkaian acara Generasi Happy, tentunya hal ini menjadi acuan manajemen IOH untuk terus meningkatkan kapasitas layanan jaringan internet yang stabil. 

“Luar biasa antusias Gen Z Lampung untuk Festival Generasi Happy, tercatat pengunjung yang datang mencapai 10.258 orang hadir,”ujar Yesias. 

Lampung saat ini sudah menjadi wilayah prioritas IOH menghadirkan jaringan internet stabil secara merata. Yesias melanjutkan, dengan 321 BTS di Lampung sudah berhasil mengcover 97 persen wilayah di Lampung, hanya sisa 3 persen belum terpenuhi di Lampung Barat dan Pesisir Barat. 

Selanjutnya dalam mendukung aktivitas digital tetap stabil, IOH mengantisipasi potensi risiko melonjaknya pemakaian bandwidth yang mempengaruhi kualitas dengan monitoring sistem apabila kapasitas sudah 70 persen, berarti sudah saatnya menambah kapasitas.

Yesias mengakui, dengan suksesnya event Generasi Happy diharapkan mampu meningkatkan brand image Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) yang saat ini tidak hanya memiliki jaminan kualitas jaringan yang semakin baik, tetapi juga fokus meningkatkan empowerment masyarakat Indonesia baik secara skill dan knowledge terkait digitalisasi . (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS