Mengenal Tren Hari Kesehatan Mental dan Kegiatan Apa yang Bisa Dilakukan

Yunike Purnama - Kamis, 14 September 2023 09:48
Mengenal Tren Hari Kesehatan Mental dan Kegiatan Apa yang Bisa Dilakukan Tren “Hari Kesehatan Mental” tengah ramai dibicarakan. Beberapa orang menganggapnya penting namun sebagian mungkin masih merasa asing dengan istilah ini. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Tren “Hari Kesehatan Mental” tengah ramai dibicarakan. Beberapa orang menganggapnya penting namun sebagian mungkin masih merasa asing dengan istilah ini. 

Hari kesehatan mental sering juga disebut hari pemulihan atau sekedar hari libur ketika Anda merasa sedih. Pada intinya menurut Mind Body and Green, hari kesehatan mental adalah hari dimana Anda tidak melakukan kegiatan apapun selain fokus pada kesehatan mental Anda. Bak liburan untuk otak Anda, hari ini bisa membuat Anda merasa lebih baik. 

Chloe Carmichael, Ph.D seorang psikolog menyarankan kepada Mind Body and Green kegiatan-kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan hari kesehatan mental ini.

1. Buat Daftar Hal-Hal yang Membuat Anda Bahagia 

Menurut Carmichael, membuat daftar hal-hal yang membuat Anda bahagia layaknya memiliki menu yang bisa Anda pilih saat merasa sedih. 

Namun, Carmichael memperingatkan Anda untuk tetap melakukan aktivitas yang sehat bagi mental dan fisik Anda. 

“Anda juga ingin memastikan bahwa tidak ada dalam daftar Anda yang seperti makanan cepat saji untuk perawatan diri,” jelas Carmichael.

Hal-hal seperti pesta minuman keras atau melihat-lihat media sosial tanpa henti mungkin terasa menyenangkan saat ini, tetapi tidak akan berkontribusi pada kesehatan mental yang lebih baik seiring berjalannya waktu.

2. Terhubung dengan Seseorang yang Anda Sayangi 

Mungkin sulit untuk memutuskan apakah Anda harus bersosialisasi atau menyendiri pada hari kesehatan mental Anda, dan pilihan terbaik akan berbeda-beda untuk setiap orang. 

Salah satu tip universal yang dapat disarankan Charmichael tentang topik ini adalah memiliki daftar panggilan orang-orang yang Anda sayangi dan pedulikan. 

“Simpanlah daftar lima teman atau keluarga yang memberikan pengaruh suportif yang baik,” katanya, dan pertimbangkan untuk menelepon atau bertemu dengan salah satu dari mereka pada hari kesehatan mental Anda.

Hal ini dapat membantu untuk menghilangkan rasa ingin hubungan sosial tanpa memaksakan diri secara berlebihan atau menghabiskan waktu dengan orang yang salah dan mungkin malah membuat Anda kecewa.

3. Tidur Lebih Awal Jika Memungkinkan 

Setelah seharian melakukan perawatan diri, Anda mungkin bisa tertidur lebih awal dari biasanya, jadi manfaatkanlah hal itu. 

Anda telah bekerja keras sepanjang hari untuk membangun lingkungan positif dalam pikiran Anda, jadi jangan biarkan otak Anda bekerja terlalu keras hingga larut malam.

Pada akhirnya, mendedikasikan waktu untuk fokus pada kesehatan mental Anda adalah langkah yang tepat untuk diambil alih-alih mengabaikannya. Lakukan apa yang membuat Anda bahagia dan tenang, dan ingatlah bahwa setiap orang mengalami hari buruk, jadi jika Anda merasa sedih, Anda tidak sendirian.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS