Mengenal Makna Logo Kereta Cepat Whoosh, Hasil Kreasi Agensi Visious

Yunike Purnama - Senin, 02 Oktober 2023 18:48
Mengenal Makna Logo Kereta Cepat Whoosh, Hasil Kreasi Agensi VisiousIlustrasi logo kereta cepat Whoosh (sumber: Sekretariat Presiden)

JAKARTA - PT Kereta Cepat Jakarta-Bandung (PT KCIC) diketahui melakukan sayembara untuk membuat desain logo dari Kereta Cepat Whoosh. Sayembara tersebut diikuti sepuluh agensi yang kemudian terdapat tiga finalis yaitu Feat Studio, Ou Creative, dan Visious. 

Pilihan kemudian jatuh pada logo buatan Visious yang diumumkan bersamaan dengan peresmian kereta cepat di Stasiun Halim, Senin 2 Oktober 2023. Logo Kereta Cepat Whoosh menonjol dengan huruf W yang berwarna merah. 

Konsep logo tersebut menerjemahkan suara lesatan sebagai dampak kehadiran kereta cepat terhadap perubahan, percepatan, pertumbuhan, dan pencapaian di berbagai aspek kehidupan, ekonomi, dan budaya pada setiap lapisan masyarakat. 

Bentuknya didesain secara lugas sehingga publik dapat mudah mengenali logo tersebut. Desain logo itu menggambarkan efek dari kereta cepat yang melesat kencang dan menimbulkan hempasan. Bentuknya yang seperti huruf W juga untuk mewakili nama dari kereta itu sendiri yaitu Whoosh. 

Kencangnya laju dari Kereta Cepat Whoosh menjadi inspirasi dari bentuk elemen supergrafis yang dibuat oleh pembuatnya. Lesatan yang mengarah ke kanan atas menggambarkan semangat untuk terus tumbuh dengan cepat dan menuju masa depan, dikutip dari slide presentasi logo yang dibuat oleh Visious, Senin.

Berbekal inspirasi tersebut, bentuk logo kemudian divisualisasikan melalui prinsip desain yang selalu mengaplikasikan bentuk lekukan yang dinamis, struktur yang solid, dan garis yang selalu mengarah ke atas. Warna kontras dan cerah serta penggunaan huruf yang kokoh dan ekspresi yang diaplikasikan pada logo membawa karakter energik. 

Karakter itu mencerminkan kegesitan, kekuatan, keberanian, ketegasan, dan ketajaman visi ke depan., Logo ini secara keseluruhan ini ingin menyampaikan pesan bahwa kereta cepat akan membawa perubahan yang berdampak positif secara signifikan bagi kemajuan Indonesia, dikutip dari laman resmi PT KCIC, Senin.

Sekilas Kreator

Logo Kereta Cepat Whoosh dibuat agensi bernama Visious. Visious merupakan sebuah studio desain yang bermarkas di Jakarta dengan fokus pada pengerjaan identitas visual yang telah berdiri sejak tahun 2011. 

Perusahaan tersebut telah bekerja dengan berbagai perusahaan berbagai skala di hingga tingkat multinasional. Telah banyak pengalaman perusahaan tersebut dalam bidangnya khusunya membantu perusahaan atau merek untuk mencapai visinya melalui pembuatan logo.

Diresmikan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bernama WHOOSH di Stasiun Kereta Halim, Senin. “Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, Kereta Cepat Jakart-Bandung WHOOSH saya nyatakan dioperasikan,” kata Presiden.

Presiden mengatakan kereta tersebut merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara dengan kecepatan 350km/jam. Keberadaan kereta cepat tersebut menandai modernisasi transportasi massal di Indonesia yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi menjelaskan soal nama WHOOSH yang disematkan pada kereta cepat pertama di Indonesia itu. WHOOSH merupakan akronim dari Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Handal. WHOOSH juga terinspirasi suara yang melesat dari kereta kilat berkecepatan 350km/jam itu. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS