Mengenal Keajaiban dan Keindahan Arsitektur Piramida

Yunike Purnama - Minggu, 17 September 2023 05:16
Mengenal Keajaiban dan Keindahan Arsitektur Piramida Great Pyramid of Giza atau juga dikenal sebagai Piramida Khufu, adalah salah satu keajaiban dunia yang masih memukau dan menyimpan banyak misteri hingga hari kini. (sumber: Ist)

MESIR - Great Pyramid of Giza atau juga dikenal sebagai Piramida Khufu, adalah salah satu keajaiban dunia yang masih memukau dan menyimpan banyak misteri hingga hari kini. Piramida Khufu adalah piramida tertua dan tertinggi dari tiga piramida besar yang menjulang di atas dataran Giza di Mesir.

Dilansir dari Ensiklopedia Britanica, Jumat, 15 September 2023, Piramida Khufu dibangun sekitar tahun 2551–2528 SM selama masa pemerintahan Firaun Khufu, piramida ini menggambarkan keahlian teknis dan arsitektur yang luar biasa pada zaman dahulu.

Piramida Khufu memiliki ketinggian awal mencapai 481,4 kaki atau sekitar 147 meter, setara dengan 45 lantai gedung tinggi. Dibalik megahnya Piramida Khufu terdapat fakta yang mengejutkan, Piramida khufu bersama dengan dua piramida disampingnya, Piramida Khafre dan Menkaure, sebagian besar hanya merupakan bongkahan batu padat.

 Piramida Khufu dibangun dari sekitar 2,3 juta blok batu kapur yang dipotong membentuk struktur piramida. Ketiga Piramida  dulunya memiliki lapisan luar dari batu kapur yang lebih ringan, menciptakan kilauan putih yang mengesankan yang membuatnya tampak lebih indah daripada sekarang.

Piramida Khufu adalah makam para Fir’aun Mesir kun. Piramida-piramida ini sering kali menjadi bagian dari kompleks pemakaman yang luas, mencakup situs pemakaman ratu, kamar mayat, dan kuil untuk persembahan.  

Kuil bawah tanah yang dibangun dibawah Piramida Khufu tidak pernah selesai pembangunannya, sarkofagus Raja Khufu terletak di Kamar Raja yang terletak jauh ditengah piramida.

Seiring berjalannya waktu, Piramida tetap menjadi salah satu daya tarik paling populer bagi wisatawan dari seluruh dunia. Meskipun banyak manusia modern telah banyak mempelajari konstruksi dan tujuan pembangunan piramida ini, namun masih banyak rahasia yang tersimpan di dalam struktur batu kuno ini. Piramida adalah bukti kehebatan peradaban Mesir kuno dan menjadi simbol kemegahan yang mempesona dunia.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS