Mengenal dan Melihat Keuntungan Manajemen Traine

Yunike Purnama - Senin, 24 Juli 2023 05:57
Mengenal dan Melihat Keuntungan Manajemen TraineIlustrasi bekerja (sumber: Shutterstock)

BANDARLAMPUNG - Tak jarang, perusahaan-perusahaan besar membuka lowongan kerja lewat sistem management traine. Namun terkadang masih ada yang mengganggap jika management trainee sama dengan magang.

Dikutip dari KitaLulus MT atau management trainee merupakan salah satu lowongan yang banyak dibuka oleh perusahaan. Lowongan management trainee ini banyak diminati oleh fresh graduate untuk memulai karier mereka.

Program ini juga memiliki nama lain, misalnya Management Development Program (MDP), Graduate Trainee Program (GTP), dan masih banyak lagi.

Nantinya dalam training, peserta akan mendapatkan banyak pelatihan dan pengetahuan untuk menjadi pemimpin. Lalu apa itu management trainee sebenarnya? Apakah management trainee digaji? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Management trainee adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh perusahaan untuk melatih orang-orang seperti lulusan baru atau karyawan baru untuk diberikan pelatihan yang tepat di setiap departemen perusahaan.

Mereka akan mengikuti training yang dipimpin oleh para karyawan senior untuk mendapatkan skill, pengetahuan, dan hal lainnya yang dibutuhkan untuk dapat bekerja dengan optimal di posisi tertentu. 

Para peserta akan dievaluasi dan disaring kembali menjadi kelompok kecil. Tujuan dari program ini yaitu untuk mendapatkan dan menciptakan calon manajer-manajer baru yang kompeten di perusahaan dari berbagai bidang, mulai dari bidang pemasaran, penjualan, sampai operasional.

Biasanya, program ini banyak dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, marketing, sales, dan retail.

Perbedaan Management Trainee dan Magang

Masih banyak yang bingung membedakan antara program MT dengan magang. Perlu diketahui bahwa peserta magang bisa dibilang sebagai pihak luar perusahaan.

Sedangkan MT sudah secara sah menjadi bagian dari perusahaan. Mereka pun memiliki peran yang diakui di dalam organisasi.

Selain itu, dari segi gaji dan tunjangan juga berbeda. MT akan mendapatkan gaji bulanan seperti pegawai tetap. Tunjangan seperti kesehatan, akomodasi, dan lainnya juga biasanya akan didapatkan. Berbeda dengan magang yang biasanya hanya mendapatkan gaji saja.

Keuntungan Ikut Management Trainee

Banyak orang masih merasa ragu untuk mengikuti program MT. Penyebabnya adalah durasi yang panjang dan tidak semua orang ingin menjadi manajer. Selain itu, mereka juga mungkin merasa ragu dengan tugas-tugas yang akan dihadapi dalam program MT.

Namun, sebaiknya kamu tidak perlu takut mengikuti program ini karena banyak manfaat yang bisa diperoleh terutama bagi lulusan baru.

 Berikut beberapa keuntungan ikut management trainee adalah:

1. Meningkatkan Kemampuan Bekerja Sama

Sebagai seorang manajer, kemampuan bekerja sama yang baik sangat diperlukan. Dalam program MT, kemampuan tersebut akan terus dilatih melalui tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam kelompok dan ujian yang diberikan oleh pelatih.

2. Membentuk Kepemimpinan yang Baik

Kepemimpinan adalah salah satu aspek penting dalam manajemen perusahaan. Oleh karena itu, dalam program MT, peserta akan dilatih untuk menjadi pemimpin yang baik.

3. Membantu Menemukan Minat dan Bakat

Program MT biasanya menggunakan sistem rotasi di mana peserta akan mencoba berbagai bidang pekerjaan dalam perusahaan seperti keuangan, pemasaran, komunikasi, dan rantai pasokan. Hal ini akan membantu supervisor untuk mengetahui keahlian terbaik peserta dan peserta dapat menemukan peran yang paling cocok dengan minat dan bakat mereka.

Jadi, meskipun program MT terlihat menantang, namun banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengikuti program tersebut.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS