Mendes PDTT Apresiasi Manajemen Koperasi Produksi Ternak di Lampung

Eva Pardiana - Rabu, 08 September 2021 18:24
Mendes PDTT Apresiasi Manajemen Koperasi Produksi Ternak di LampungMendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengunjungi KPT Maju Sejahtera, di Desa Wawasan Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Rabu (8/9/2021). (sumber: Adpim Pemprov Lampung)

LAMPUNG SELATAN – Pengembangan program lumbung pangan oleh Pemprov Lampung di pedesaan mendapat apresiasi dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Menteri Abdul Halim mengapresiasi sistem manajemen yang ada di Koperasi Produksi Ternak (KPT) Maju Sejahtera di Desa Wawasan Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

"Saya berharap sistem manajemen satu pintu yang diterapkan di sini dapat menjadikan koperasi usaha ini semakin maju, terus berkembang, dan dapat berguna bagi masyarakat luas," ujar Abdul Halim saat mengunjungi KPT Maju Sejahtera, Rabu (8/9/2021).

Abdul Halim menambahkan bahwa KPT Maju Sejahtera dapat dijadikan contoh bagi peternak lain yang ingin membentuk koperasi usaha.

KPT Maju Sejahtera merupakan koperasi usaha pembiakan sapi dengan skema bagi hasil, pengadaan dan perdagangan sapi, produksi dan penjualan pakan, pinjaman sapi dan penjualan produk limbah ternak yang didirikan sejak 2014.

Ketua KPT Maju Sejahtera Suhadi mengatakan koperasi yang dipimpinnya menggunakan sistem satu pintu dalam manajemen pembiayaan, pengelolaan pakan, dan penjualan.

Penjualan sapi di KPT Maju Sejahtera menggunakan sistem lelang. Menurut Suhadi sistem ini sangat menguntungkan peternak.

"Harga akan naik dari harga biasanya, dan itu sangat membantu bagi peternak sapi di sini," ujar Suhadi. (EP)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS