Menakjubkan! Ternyata Ini Keunikan Blue-footed Boobies

Yunike Purnama - Minggu, 01 Oktober 2023 09:37
Menakjubkan! Ternyata Ini Keunikan Blue-footed BoobiesBlue-footed boobies (boobies berkaki biru) adalah salah satu burung yang unik karena memiliki kaki berwarna biru. Para pejantan sangat bangga dengan kaki mereka yang menawan dan luar biasa. (sumber: Ist)

AS - Blue-footed boobies (boobies berkaki biru) adalah salah satu burung yang unik karena memiliki kaki berwarna biru. Para pejantan sangat bangga dengan kaki mereka yang menawan dan luar biasa. 

Saat melakukan ritual kawin, burung jantan memamerkan kakinya kepada calon pasangan dengan langkah yang tinggi. Semakin biru kakinya, semakin menarik pasangannya.

Rentang Populasi

Blue-footed Boobies (nationalgeographic.com)

Boobies ini hidup di sepanjang pantai barat Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Populasi di Kepulauan Galapagos mencakup sekitar setengah dari semua pasangan burung boobies berkaki biru yang berkembang biak.

Perilaku

Dilansir dari National Geographic, Sabtu 29 September 2023, seperti boobies lainnya, blue-footed boobies ini bersarang di daratan pada malam hari. Saat siang tiba, mereka terbang mencari makanan laut, terkadang memancing dalam kelompok kooperatif. Mereka bisa terbang jauh ke laut sambil tetap memperhatikan gerombolan ikan kecil, seperti anchovy (ikan teri).

Ketika mangsa mereka terlihat, burung laut ini menggunakan adaptasi fisik yang membuat mereka menjadi penyelam luar biasa. Mereka melipat sayap panjang ke belakang tubuh yang ramping dan menyelam ke dalam air dari ketinggian hingga 80 kaki (24 meter) di udara.

Blue-footed boobies (nationalgeographic.com)

Boobies berkaki biru juga dapat menyelam dari posisi duduk di permukaan air. Burung boobies menyelam ke dalam air di antara gerombolan ikan, menggunakan paruhnya yang panjang untuk makan malam.

Boobies berkaki biru juga menggunakan kaki berselaput untuk melindungi anak-anaknya dan menjaga mereka tetap hangat. Ketika sekelompok biasa satu hingga tiga anak menetas, kedua orang tua memberi makan dan merawat mereka sampai berusia sekitar dua bulan. Pada saat itu, boobies muda dapat bertahan hidup sendiri.

Boobies di Daratan

Diperkirakan semua setengah lusin spesies boobies mendapatkan namanya dari kata “bobo” dalam bahasa Spanyol. Istilah ini berarti “bodoh,” yang mungkin merupakan cara kolonialis Eropa awal menggambarkan burung-burung canggung dan kurang waspada ini ketika melihat mereka di daratan, lingkungan yang paling kurang elegan bagi mereka.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS