Masuk Puncak Mudik Konsumsi BBM Meningkat,  Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Pastikan Penyaluran di SPBU Lampung Utara

Yunike Purnama - Sabtu, 06 April 2024 10:35
Masuk Puncak Mudik Konsumsi BBM Meningkat,  Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Pastikan Penyaluran di SPBU Lampung UtaraIlustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina (sumber: Ist)

LAMPUNG UTARA - Pertamina terus menjamin pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM), serta terus memantau kondisi di lapangan dan menyiapkan proyeksi kebutuhan masyarakat.

Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan pada saat kondisi ini, memang tengah terjadi peningkatan aktivitas dan kepadatan di beberapa lembaga penyalur memasuki puncak mudik hari raya, namun Pertamina memastikan tidak ada kendala dalam pendistribusian BBM dari Integrated Terminal (IT) ke SPBU.

"Pertamina telah menurunkan tim untuk melakukan pengecekkan langsung di lapangan. Berdasarkan hasil pengecekan langsung ke beberapa SPBU di Jalan Soekarto Hatta, Kotabumi, Lampung Utara, kondisi stok mayoritas SPBU aman dan tidak terdapat kendala dalam penyaluran serta masih mencukupi kebutuhan masyarakat," tegas Nikho.

Saat ini, terdapat 7 SPBU yang masih beroperasi lancar di wilayah tersebut, diantaranya SPBU 24.345.19, SPBU 24.345.82, SPBU 24.345.20, SPBU 24.345.24, SPBU 24.345.135, SPBU 24.345.22 serta Pertamina juga dengan tegas telah mengingatkan kepada seluruh lembaga penyalur di wilayah Kabupaten Lampung Utara untuk tidak melakukan kecurangan dan menyalurkan BBM Subsidi sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan. 

Pertamina tidak segan memberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku, seperti SPBU di Jalan Lintas Sumatera Kelapa 7 Kotabumi yang saat ini dalam proses pembinaan sehingga tidak menyalurkan BBM Subsidi hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Sebagai informasi, Pertamina mencatat untuk rata-rata konsumsi harian BBM Subsidi jenis Pertalite di wilayah Lampung Utara sendiri meningkat sebesar 7,1 persen dibandingkan dengan rata-rata konsumsi harian dalam keadaan normal.

"Selain itu, Pertamina bersama stakeholder maupun Aparat Penegak Hukum (APH) dan Dinas Metrologi telah melakukan kunjungan ke SPBU wilayah Lampung untuk memastikan kualitas dan kuantitas BBM agar konsumen mendapatkan BBM dengan takaran akurat dan kualitas terbaik. Terutama jelang peningkatan mobilitas masyarakat di puncak arus mudik," tambah Nikho.

Pertamina terus menghimbau kepada masyarakat untuk dapat membeli BBM bersubsidi sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya serta tidak melakukan pengisian berulang dan menimbun, karena ada akibat hukum untuk setiap tindak pelanggaran undang-undang. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS