Manfaat Pisang untuk Naikkan Mood

Yunike Purnama - Selasa, 24 Oktober 2023 09:47
Manfaat Pisang untuk Naikkan Mood Ilustrasi pisang (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Pisang adalah buah yang pasti sudah tidak asing lagi bagi tani muda. Ya, pisang adalah buah yang memiliki nilai ekonomis murah, banyak manfaat, rasa yang enak dengan berbagai olahan sehingga pisang bisa dengan mudah dibawa kemana-mana. Pisang memiliki banyak jenis dan bisa dikonsumsi baik secara langsung atau diolah dengan cara dikukus, di goreng, diolah menjadi tepung, dan masih banyak lagi olahan dari bahan pisang. Tidak hanya buah pisang yang bisa dikonsumsi dan memiliki manfaat, bunga pisang yang sering dikenal sebagai jantung pisang juga bisa dikonsumsi dengan manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Buah pisang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan pada 100 gram pisang terdapat kalori 89 kcal, 75% air, 1,1 gram protein, 22,8 gram karbohidrat, 12,2 gram gula, 2,6 gram serat dan 0,3 gram lemak. Tidak hanya itu, pisang juga memiliki makronutrien utama yaitu karbohidrat dimana dalam proses pematangannya kandungan karbohidrat juga berbeda. Pada pisang mentang pati pisang berkisar antara 70-80% dan berkurang hingga 1% selama proses pematangan. Kandungan pati berkurang menjadi kurang dari 1% karena diubah menjadi gula yang berbentuk fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Gula pada pisang matang dapat mencapai 16%. 

Manfaat buah Pisang terhadap Mood

Buah pisang memiliki banyak sekali nutrisi baik untuk tubuh. Tentu saja kandungan ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti kalium yang bisa membantu dalam menurunkan resiko stroke. Kandungan B6 juga dapat mengatasi gejala sindrom premenstrual serta menurunkan siklus morning sicknes pada ibu hamil jika dikonsumsi diantara waktu makan. Mengkonsumsi buah pisang juga baik untuk mengatasi hipertensi dan juga sebagai sumber karbohidrat dan Vitamin A. buah pisang juga bisa menjadi salah satu menu diet karena bisa membantu menurunkan berat badan sebagai sumber karbohidrat kompleks dan tidak menaikkan glukosa secara drastis. Pisang juga membantu memperlancar metabolisme tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, dan melancarkan aliran oksigen ke otak. Pisang juga memiliki kadar zat besi tinggi yang bisa membantu mengatasi anemia.

Salah satu kandungan dalam pisang juga bisa sebagai pemicu mood baik. Kandungan itu adalah asam amino esensial triptofan. Zat ini membantu untuk memproduksi serotonin di otak yang akan menimbulkan perasaan senang. Serotonin dibutuhkan untuk membuat tubuh menjadi relax dan untuk meningkatkan mood serta perasaan senang. Dengan mengkonsumsi pisang akan membantu meningkatkan serotonin di tubuh sehingga secara tidak langsung membantu mengatasi depresi. 

Cara Mudah Menanam Pisang

Menanam pisang di rumah bisa dengan mudah tani muda lakukan. Yuk ikuti cara menanam pisang berikut : 

  • Siapkan Lahan

Tani muda harus menyiapkan lahan tidak masalah apakah lahan basah ataupun kering, karena pisang bisa tumbuh di kedua lahan tersebut. Batang pisang dapat menyimpan cadangan air di batangnya sehingga ketika musim panas pun ia tidak membutuhkan banyak air. Tetapi tani muda jangan menanam pisang di daerah yang mudah terkena erosi karena akan berpengaruh pada masa panen. Tani muda juga harus menghindari lahan dengan terpaan angin kencang karena akan merusak daun dan batang. 

  • Siapkan Bibit

Tani muda bisa menanam pisang dengan memilih bibit dari anakan dewasa dan muda. Pilihlah bibit anakan dewasa yang sudah tumbuh dengan ciri- ciri daun masih tergulung, memiliki tunas dengan tinggi 1,1,5 m dengan diameter umbi sekitar 15-20 cm.

  • Proses penanaman

Tani muda bisa melakukan proses penanaman dari bibit anakan dewasa yang sudah di pilih. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm dan jarak tanam antar pisang mulai dari 3 x 3 meter. Tanaman pisang dapat tumbuh subur di wilayah dengan iklim tropis dan subtropis dengan suhu sedang. Pisan akan berhenti tumbuh jika suhu turun dibawah 15 derajat celcius namun akan tumbuh kembali jika suhu kembali panas. Buah pisang membutuhkan setidaknya 6 jam sinar matahari dalam satu hati. 

  • Perawatan tanaman pisang

Tani muda harus melakukan perawatan agar pisang bisa tumbuh subur dan memberikan hasil panen yang baik. Tani muda harus melakukan penjarangan dengan membiarkan dalam 1 rumpun hanya tumbuh 3-4 pohon saja. Selanjutnya pisang membutuhkan air yang banyak dan kelembaban udara yang banyak juga. Tani muda harus sering menyiram pisang tetapi jangan sampai kebanyakan karena bisa menyebabkan pisang busuk. Tani muda juga harus membuang atau memotong daun- daun yang layu dan mati dan menjadikannya sebagai kompos.

  • Perawatan dari hama dan gulma

Tanaman pisang rentan akan serangan hama dan penyakit jika tidak terawat dengan baik. Beberapa penyakit yang sering menyerang tanaman pisang adalah penyakit darah, bercak pada daun pisang, panama, dan pucuk layu oleh abkteri basil. Untuk melindungi pisang dari hama tani muda harus memberikan pestisida alami ataupun cairan insektisida. Tani muda juga harus membersihkan gulma di sekeliling tanaman agar nutrisi terserap sempurna.

Itu tadi cara menanam pisang yang bisa tani muda lakukan di rumah. Semoga berhasil dan selamat mencoba !(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS